WHAT'S NEW?

4 Aplikasi Komputer yang Wajib Dimiliki oleh Guru



Random Post
    Dewasa ini komputer sudah bukan barang yang aneh lagi, semua orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa tentu mengenalnya. Apalagi orang - orang zaman sekarang yang dalam bekerjanya sudah tidak bisa lepas dari yang namanya komputer. Tidak tekecuali juga bagi mereka yang profesinya adalah sebagai seorang guru.


    Bagi seorang guru komputer merupakan salah satu prangkat yang teramat sangat penting, terlebih lagi dalam rangka mensukseskan program mengajarnya. Dalam hal penyusunan soal saja, guru dituntut untuk membuat soal sedemikian rupa yang dalam pembuatannya tentu membutuhkan alat, yaitu komputer. Memang sebenarnya ada alat lain sih yang bisa dipergunakan dalam hal penyusunan soal seperti dengan menulis tangan atau juga dengan mesin ketik. Tapi sekarangkan sudah zaman modern, ya tidak ada salahnya juga kita mengikuti perkembangan zaman dan mempergunakan fasilitas yang ada. Dengan mempergunakan komputer hasil yang didapat akan lebih baik dan berkualitas jika dibandingkan dengan cara yang konvensional.

    Ibarat kata, mobil tidak akan bisa bekerja jika tidak diberi bensin. Perumpamaan tersebut juga sangat erat kaitannya dengan komputer. Butuh sesuatu agar komputer bisa bekerja sesuai dengan apa yang ingin dikehendaki. Apa itu? Yaitu aplikasi komputer atau lebih dikenal dengan software komputer. Aplikasi komputer inilah yang nantinya digunakan oleh si pengguna untuk mengerjakan sesuatu yang menjadi proyek kejanya.

    Nah di sini saya ingin berbagi informasi kepada anda tentang aplikasi - aplikasi komputer yang wajib dimiliki seorang guru agar nantinya komputer yang anda miliki bisa diperguanakan untuk membantu anda dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar anda.

    1. Microsoft Word

    Software keluaran microsoft ini adalah satu dari beberapa software yang paling penting dimiliki oleh guru, tanpa adanya microsoft word di dalam perangkat komputer/laptop bisa dikatakan seperti sayur tanpa garam. Bagaimana tidak!? Software tersebut sangat urgen ke beradaanya dan merupakan aplikasi yang pasti akan selalu digunakan. Dalam menyusun materi, soal, tugas, absen dan lain sebagainya tentu harus menggunakan aplikasi ini.
     

    2. Microsoft Excel

    Microsoft Excel adalah software komputer yang dibuat untuk mempermudah kegiatan analisis, terutama untuk perhitungan angka - angka yang rumit dan membutuhkan usaha extra dalam kegiatan analisisnya. Jika menilik pentingnya aplikasi ini bagi para guru adalah untuk proses penilaian dan analisis hasil belajar siswa. Contoh penggunaan microsoft excel bagi para guru adalah ketika seorang guru yang hendak mengkalkulasikan nilai siswa. Tentu dalam proses analisinya membutuhkan alat yang mampu menghitung nilai - nilai siswa yang begitu banyaknya, jika perhitungannya dilakukan secara konvensional maka waktu yang dibutuhkan pun tidak sedikit, ditambah lagi kesempatan untuk melakukan "scoring error" lebih tinggi ketimbang tanpa mempergunakan software microsoft excel ini.  Nah jadi jelaslah jika manfaat aplikasi ini sangat bagus dan guru wajib untuk memilikinya.
     

    3. Power Point

    Seorang guru dalam menjelaskan materi kepada siswanya dituntut untuk memberikan sesuatu yang menarik dan tidak membosankan. Tidak membosankan disini adalah guru dalam menjelaskan materi tidak mempergunakan satu pola saja, misalkan cara konvensional. Tidak ada salahnya jika guru mempergunakan fasilitas komputer pada saat proses pembelajaran berlangsung. Nah Power Point adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakannya. Dengan Power Point guru bisa membuat sebuah persentasi  yang nantinya akan diperlihatkan kepada siswa pada saat pembelejaran berlangsung. Selain itu dengan menggunakan persentasi, guru bisa menyisipkan video - video kedalam materi presentasinya sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung.
     

    4. Corel Draw 

    Mungkin diantara anda semua ada yang baru mendengar yang namanya corel draw, namun tidak sedikit pula yang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Intinya Corel Draw adalah aplikasi yang dibuat untuk proses desain gambar. Lha terus pentingnya untuk guru apa? Kan kita bukan designer? Ya memang benar, tapi apakah anda pernah berfikir bahkan mendapatkan sebuah pengalaman ketika hendak membuat soal namun di dalam soal tersebut membutuhkan gambar pendukung. Untuk pelajaran seperti B. Indonesia, B. Sunda mungkin akan sedikit penggunaan ilustrasi gambarnya, tapi bagaimana dengan soal bermaterikan Fisika? atau mata pelajaran yang banyak melibatkan gambar? Sudah barang tentu guru harus membuat sebuah gambar pendukung tersebut dengan bantuan Corel Draw.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    19 comments: Leave Your Comments

    1. itu cuma 2 aplikasi (program paket) : Ms.Office dan Corel draw
      dalam 2 aplikasi itu banyak aplikasi lagi

      ReplyDelete
    2. super sekali saudara-saudara hehehe

      ReplyDelete
    3. Aduh kurang lengkap gan..

      Heyy silahkan kunjungi web saya https://guruqoell.wordpress.com untuk download texbook kuliah gratis dan masih banyak lagi..

      ReplyDelete
    4. https://guruqoell.wordpress.com

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika