WHAT'S NEW?

Membuat Game Berbasis RPG untuk Anak SD



Random Post
    Role Playing Games adalah sebuah permainan yang yang didalamnya terdapat tokoh - tokoh khayalan dan kita menjadi salah satu pemeran utamanya. Di dalam game RPG karakter untuk setiap tokoh memiliki ciri khas tertentu, tergantung peran mereka di dalam game tersebut. Ada yang baik dan pemberani, biasanya ini adalah tokoh jagoannya dan ada juga yang berperan sebagai tokoh yang arogan dan sombong, ini adalah tokoh musuhnya. Namun kesemua ini tergantung dari si pembuat game, mau seperti apa karakter - karakter untuk setiap tokoh.

    Di dalam RPG pemeran utama akan diberikan sebuah tugas untuk menyelesaikan sebuah misi. Dalam menyelesaikan misi tersebut, si pemain akan di hadapkan dengan berbagai tantangan - tantangan yang siap menghadang dan apabila telah sukses melewatinya maka tokoh utama bisa dikatakan sukses dalam menjalankan misi. Tantangan - tantangan yang terdapat didalam game RPG adalah sebuah keharusan dan menjadi keunikan dari jenis game ini, dengan adanya tantangan tersebut maka si pemain akan semakin tertarik dan menjadi termotivasi untuk menyelesaikan game tersebut.

    Membaca ulasan di atas anda mungkin sudah sedikit mengerti apa itu RPG dan bagaimana sistem permainannya. Game ini jika dibuat untuk keperluan pembelajaran khususnya anak SD yang sangat suka permainan game tentu akan menjadi media belajar yang sangat bagus. Selain mereka menjadi cerdas, mereka juga tidak akan merasa terbebani dalam belajar karena di kemas dalam bentuk permainan.

    Yang menjadi pertanyaannnya adalah apakah benar jenis game seperti ini bisa dijadikan media belajar? 100% bisa. Tinggal pandai - pandai si pembuat game saja dalam merancang alur cerita. Misalkan disini saya akan membuat sebuah game, gamenya menceritakan tentang seorang anak bernama Andi, dia adalah seorang anak yang miskin dan tidak memiliki biaya untuk sekolah. Namun dia memiliki keinginan yang kuat untuk bersekolah, sampai pada akhirnya dia berjuang dan melakukan beberapa misi. Dari misi tersebut dia mendapatkan penghasilan dan akhirnya dia bisa sekolah. Pada saat pertama kali masuk sekolah, guru kelasnya tiba - tiba memberikan test kepada Andi berupa soal IPA karena . . . (masih panjang, silahkan lanjut sendiri).

    Ternyata bisa juga kan game dijadikan media belajar !? Tentu bisa asalkan ada niat dan keinginan dari diri kita. Nah yang menjadi pertanyaannya selanjutnya adalah apakah kita yang merupakan seorang guru biasa (bukan guru IT) membuat jenis game RPG ini? yang mana di dalamnya pasti menuntut kita untuk pintar - pintar memainkan kode pemprograman komputer? Tenang saja wahai para guru, ada sebuah game generator yang akan memudahkan anda untuk membuat game berbasis RPG tanpa menuntut anda untuk lihai dalam bahasa pemrograman, "RPG Maker" namanya.

    Perusahaan RPG Maker yaitu Enterbrain, Inc sampai saat ini telah mengeluarkan banyak versi, versi terakhir adalah RPG Maker VX. Pada versi terakhir ini, software RPG Maker dibendrol dengan harga $79.99. Cukup mahal memang jika dilihat dari segi harganya. Namun jika anda memang berniat untuk menciptakan media pembelajaran yang hebat dan berkualitas, harga tersebut bukanlah apa - apa jika dibandingkan dengan hasil dan manfaat yang akan didapat. 

    Ini dia screen shoot RPG Maker :

    Gambar 1. Hasil Game dari RPG Maker VX


    Gambar 2. Hasil Game dari RPG Maker VX

    Gambaer 3. Proses Pembuatan Game
    Namun bagi anda yang memang sama sekali tidak memiliki cukup dana untuk membeli software RPG Maker versi terakhir, Enterbrain, inc menyediakan RPG Maker versi sebelumnya yang mana mereka sama sekali tidak membendrol harga untuk software tersebut alias free and full version. Disini anda cukup mendownload dan langsung menginstalkannya ke dalam komputer. Bagi anda yang tertarik klik disini untuk mengunduhnya.

    Perbedaan antara RPG Maker versi terbaru dengan yang lawas tidak begitu jauh berbeda, sistem permainan yang terdapat didalamnya masih sama, cuman memang terdapat perbedaan terhadap kualitas tampilannya. Untuk versi terakhir, tampilannya sudah di poles sedemikian rupa sehingga nampak sangat cantik dan elegan.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika