WHAT'S NEW?

Aplikasi Android Terbaik untuk Para Guru !



Random Post
    Zaman sudah semakin canggih, dulu ketika seorang guru ingin menyampaikan suatu materi kepada muridnya, mereka hanya memanfaatkan fasilitas blackboard dan kapur tulis saja. Berbeda dengan sekarang, sudah terdapat banyak fasilitas yang dapat memanjakan para guru untuk mensukseskan kegiatan pembelajarannya. Mulai dari Internet, komputer dan lain sebagainya. Termasuk didalamnya aplikasi - aplikasi dari sebuah gadget kecil, yaitu Smart Phone berOS android. Percaya atau tidak sekarang ada banyak sekali aplikasi dari gadget tersebut yang sekiranya dapat membantu guru untuk memaksimalkan kegiatan - kegiatan pembelajarannya.

    Aplikasi Android Terbaik untuk Para Guru !

     Mau tahu apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut.

    1. Edmodo

    Edmodo adalah salah satu dari beberapa aplikasi kelas virtual yang terdapat pada android. Dengan mengguakan aplikasi ini siswa bisa mengetahui langsung perkembangan dirinya berdasarkan penilaian dari guru. Selain itu siswa juga bisa mengumpulkan tugas yang diinstruksikan oleh gurunya semisal, membuat cerita fiksi yang dikirim datanya ke edmodo, mengirim gambar hasil penelitian dan lain-lian. Tentu ini sangat memanjakan murid serta sang guru. Mereka bisa mengerjakan sesuatu di rumah tanpa harus bertatap muka di kelas. Sungguh aplikasi yang powerfull untuk pembelajaran dan guru wajib mencobanya.

     

    2. Google Drive

    Jika anda termasuk guru yang ingin memberikan tugas kepada siswa tanpa harus ribet  bertatap muka langsung, maka aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang patut anda gunakan. Sebagai seorang guru anda bisa mengupload sebuah file (document, spreadsheet and presentation) yang berisikan tugas - tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan kemudian memberikan link download kedalamnya. Link download tersebutlah yang nantinya digunakan oleh siswa untuk mengunduh file yang di upload oleh guru tersbut. Keuntungan terbesar dengan menggunakan aplikasi ini adalah 100% free, terkecuali anda ingin menambah kuota penyimpanan dan itu pun tidak begitu mahal.

     

    3. Quizlet

    Quizlet merupakan aplikasi flash card yang sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar lebih efektif. Para guru bisa membuat sendiri flash card untuk para siswa atau siswa itu sendiri yang membuat flash card untuk keperluan belajarnya. Selain itu di dalam quizlet juga terdapat satu set flash card yang sudah jadi (dibuat oleh orang lain) dan para user tinggal menggunakannya. Flash Card merupakan sebuah alat yang sangat luas manfaatnya untuk keperluan belajar siswa terutama dalam mempelajari materi seperti matematika dan b. Inggris.

     

    4. Remind101

    Remind101adalah aplikasi messaging untuk para guru dan siswa dalam berkomunikasi. Seperti namanya, aplikasi ini berguna untuk mengingatkan siswa akan tugas yang sudah diberikan. Sehingga potensi untuk tidak mengerjakan tugas akibat lupa bisa diatasi. Selain sebagai sarana untuk mengingatkan siswa, aplikasi ini juga bisa dipergunakan untuk memberikan motivasi, saran serta tips mengerjakan tugas.

     

    5. Google Helpouts

    Jika anda seorang pendidik dan ingin mengajari seseorang tanpa harus bertatap muka maka google helpouts merupakan aplikasi yang tepat. Aplikasi ini memberikan keleluasaan bagi para penggunanya dalam membuat sebuah video khususnya dalam hal pemelajaran. Selain bisa mengajari anak didik sendiri, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan anda untuk mengajari seseorang yang mungkin tidak anda kenali. Ini merupakan kesempatan yang bagus jika anda ingin mendapatkan budget tambahan, tinggal berikan informasi berkaitan berapa harga dari satu sesi pertemuan kepada mereka (Ini opsi anda sendiri).

    6. Google Classroom

    Google Classroom merupakan alternatif lain yang luar biasa bagi anda yang mencari aplikasi kelas virtual di android. Google Classroom pada dasarnya adalah platform web yang saat ini sudah support dengan smartphone android. Dengan aplikasi ini para guru, siswa dan siapa pun itu dapat mengakses segala bentuk kegiatan pembelajaran. Aplikasi ini juga memberikan keleluasaan kepada para siswa untuk melakukan segala jenis kegiatan belajar, seperti mengumpulkan tugas, upload file, gambar , video dan lain sebagainya. Lebih dari itu google classroom menyediakan opsi untuk bisa melakukan komunikasi antar guru dan siswa.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    1 comment: Leave Your Comments

    Portal Belajar Fisika