WHAT'S NEW?

Macam-macam Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui!



Random Post
    Dalam mengajar guru setidaknya harus mengetahui macam-macam media pembelajaran apa saja yang sekiranya bisa dipergunakan untuk mensukseskan kegiatan pembelajaran di kelas. Perlu kita ketahui bersama media pembelajaran akan sangat bermanfaat jika sang guru bisa mempergunakannya dengan baik dan benar. Nah agar hal tersebut bisa terwujud maka tidak ada cara lain selain mengenal akan macam - macam media pembelajaran tersebut.


    Secara garis besar media dalam pembelajaran terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu media audio, media visual, media audio visual dan media serbaneka. Untuk setiap jenis media memiliki kriteria dan karakteristik tersendiri. Bagi anda yang ingin mengetahui detailnya silahkan simak ulasannya berikut.

    a. Media Audio

    Media Audio (Suara) memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Media ini mampu memberikan pengalaman belajar kepada siswa secara baik dan efektif. Salah satu bentuk media audio ini bisa berupa rekaman suara, rekaman radio dan lain sebagainya. Di dalam dunia pendidikan media audio sering dijumpai di laboratorium bahasa. Laboratorium ini adalah tempat siswa belajar berkenaan dengan bahasa asing. Di sana siswa akan belajar mendengar, mengamati sampai menyimpulkan sesuatu dari hasil percakapan yang didengarnya.

    b. Media Visual

    Media Visual (Gambar) adalah media yang menitik beratkan pada indra penglihatan. Di dalam pembelajaran, media visual mampu memperlancar pemahaman siswa akan materi yang tengah diajarkan. Selain itu media ini juga bisa meningkatkan minat belajar siswa dan dapat memberikan hubungan antara dunia nyata dengan isi materi pelajaran.

    Media visual terbagi menjadi 2 kelompok yaitu media visual diam dan media visual bergerak.

    # Media Visual Diam
    Media visual diam bisa terwujud dengan berbagai bentuk, diantaranya :
    • Gambar Representasi, seperti photo, ilustrasi dan segala sesuatu yang menunjukan bagaimana tampaknya suatu gambar.
    • Grafik
    • Diagram
    • Peta
    #Media Visual Bergerak
    Media visual gerak contohnya adalah gambar - gambar yang wujudnya dalam suatu gerakan, contohnya film kartun bisu dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya media visual ada banyak sekali bentuknya. Bagi anda yang ingin melihat contoh media pembelajaran interaktif berbasis visual, silahkan simak artikel : Contoh Media Pembelajaran Interaktif.

    c. Media Audio Visual

    Media Audio Visual adalah media yang menggabungkan antara media audio dan visual. Jadi disana ada gambar sekaligus suara pendukungnya. Dalam pembuatan media jenis ini, si pembuat akan memerlukan kerja ekstra. Salah satu pekerjaan yang penting dalam pembuatan media audio visual adalah storyboard dan penulisan naskah yang tentunya membutuhkan persiapan serta perencanaan yang matang.

    Naskah yang nantinya akan menjadi bahan narasi tentu harus relevan dengan bahan ajar yang akan diterangkan kepada siswa. Narasi ini adalah salah satu penuntun bagi para pembuat  untuk memikirkan bagaimana video bisa memvisualisasikan materi pelajaran.

    d. Media Serbaneka

    Media serbaneka adalah media yang dibuat berdasarkan potensi yang terdapat suatu daerah, bisa di sekolah, diperkampungan atau di suatu lokasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Untuk contohnya serbaneka bisa berupa: Media tiga dimensi, papan (board), realita dan sumber belajar pada masyarakat.
    • Papan (Board), contoh dari media ini adalah: Papan flanel, papan tulis, papan magnetik, papan buletin dan sejenisnya
    • Media tiga dimensi, yang termasuk media ini diantaranya: Mock Up dan Diaroma.
    • Realita adalah susuatu yang bisa dijadikan media berdasarkan benda nyata, contohnya guru yang embawa sekligus memperlihatkan hewan kepada siswa.
    • Sumber belajar di masyarakat contohnya bisa berupa berkemah atau karya wisata.
    Mungkin sekian saja artikel tentang "Macam-macam Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui!". Semoga bisa bermanfaat buat rekan - rekan semua. Jangan lupa terus kunjungi ide kreatif guru untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    1 comment: Leave Your Comments

    Portal Belajar Fisika