WHAT'S NEW?

4 Tips Agar Siswa Patuhi Aturan Belajar



Random Post
    4 Tips agar siswa patuhi aturan belajar – Terkadang proses pembelajaran di dalam kelas tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penyebabnya malah berawal dari sekelompok peserta didik yang enggan mematuhi aturan belajar dengan gurunya. Peringatan, arahan dan larangan guru pun tidak dipedulikan oleh siswa. Masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Sungguh miris realita ini, dan kita selaku guru pasti sangat sering mengalaminya.

    Harus kita ketahui bersama, pengelolaan kelas yang berkualitas menjadi salah satu  kunci utama keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran di kelas. Tidak ada kata "tidak", semua siswa dan guru harus sepakat dalam mematuhi aturan yang telah dibuat, mulai dari awal sampai akhir. Jika sekiranya ada salah satu yang melanggarnya, maka pengelolaan kelas akan hancur dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

    Perilaku menyimpang yang diperlihatkan siswa saat pembelajaran akan sangat mengganggu aktivitas belajar di kelas. Terkadang guru pun merasa kesulitan dalam mengatasi kondisi belajar yang tidak kondusif seperti demikian. Inilah salah satu permasalahan yang cukup pelik disamping permasalahan lainnya dalam pembelajaran.

    Melihat permasalahan tersebut, penulis akan share berkenaan dengan  beberapa tips yang bisa dilakukan oleh guru agar siswa patuhi aturan belajar:

    1.Suara guru memberi instruksi

    Seorang guru memiliki suara dengan jenis dan ciri khas tersendiri. Ada yang terdengar keras namun ada pula yang terdengar lembut. Seorang guru yang suaranya lembut dan kurang keras, terkadang terkalahkan oleh suara para siswa yang sedang enak-enaknya ngobrol dan berbicara saat guru menerangkan suatu materi.

    Bertolak pada filosofi berkenaan dengan pengaruh suara seseorang, maka pendidik perlu memanfaatkan kondisi seperti ini dengan baik. Suara seorang guru dalam kegiatan pembelajaran mempengaruhi kepatuhan para siswa. Artinya, dalam memberi suatu instruksi, peringatan atau larangan harus terdengar jelas, berintonasi, tegas dan berwibawa.

    2. Cara guru dalam mengendalikan siswa

    Mengendalikan suasana pembelajaran di kelas diperlukan suatu cara yang pas dan terarah. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa setiap guru memiliki cara dan teknik berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang cerewet dan ada juga yang sedikit berbicaranya namun langsung to the point. Keduanya tidak bisa dipermasalahkan karena tergantung sikap pribadi dari setiap guru. Namun disini guru juga dapat memanfaatkan  gerak-gerik anggota tubuh dalam mengendalikan siswa, seperti; gerak tangan, mimik wajah saat berbicara dan lain sebagainya. Cara ini terbilang cukup ampuh dalam rangka menjadikan siswa  patuh terhadap aturan belajar, khususnya pada saat mengajar di kelas yang terkenal gaduh.

    3. Pandangan mata seorang guru

    Pandangan mata seorang guru harus mampu menyapu seisi ruangan kelas. Jangan sampai ada seorang siswa yang terlepas dari pantauan sang guru. Apabila ada seorang siswa yang terlihat melakukan tindakan menyimpang saat belajar maka sang guru akan dengan mudah mengarahkannya. Pemicu suatu kegaduhan di dalam kelas biasanya berawal dari pandangan guru yang hanya terfokus pada satu sisi atau pada kelompok siswa tertentu. Keadaan ini akan menjadika siswa lain merasa luput dari perhatian guru.Yang pada akhirnya siswa pun menjadi ribut dan ngobrol dengan temannya.

    4.Kharisma guru saat mengajar

    Perlu diketahui bersama, kharisma seseorang akan teramat sangat menentukan pandangan orang lain dalam berkomunikasi. Begitu pula dalam kegiatan mengajar siswa di kelas. Kepatuhan para siswa terhadap instruksi gurunya dipengaruhi juga oleh seberapa besar karisma sang guru. Jika kharimsa seorang guru sangat baik dan berwibawa maka siswa pun tidak bisa menolak dan akan patuh dengan instruksi gurunya, sebaliknya jika seorang guru tidak memiliki kharisma yang baik maka siswa pun akan nampak biasa saja dengan apa yang diberikan atau diperintahkan sang guru. Namun demikian, kharisma pada dasarnya  tidak dapat dibuat-buat. Kharisma dari seorang guru akan muncul sendiri melalui suatu bentuk kebiasaan sehari - hari.

    Nah demikian artikel tentang "4 Tips Agar Siswa Patuhi Aturan Sekolah". Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    2 comments: Leave Your Comments

    Portal Belajar Fisika