WHAT'S NEW?

Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan



Random Post
    Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan - Saat ini dunia pendidikan Indonesia sudah semakin terpuruk yang dikarenakan  kegagalan para pendidik dalam mendidik para generasi muda. Hal terbesar yang menyebabkan kegagalan tersebut adalah kekurang tepatan model-model pembelajaran yang diaplikasikan oleh guru selama ini. Terlepas dari berbagai faktor penyebab kegagalan, seroang pendidik memiliki peranan yang sangat penting berkenaan dengan sukses atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Dan oleh karena itulah guru harus tahu prinsip serta cara mengajar yang baik.

    Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan

    Fakta ini menjadikan para siswa di sekolah dasar pun ikut merasakan kejenuhan jika telah memasuki mata pelajaran tertentu, khususnya pada matapelajaran hitung-hitungan atau juga hafalan. Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa selama beberapa tahun ini pendidikan Indonesia hanya menyuguhkan suatu bentuk hafalan kepada siswa. Siswa sendiri sudah bisa dianggap sebagai suatu mesin foto kopi yang diharuskan menghafal berlembar-lembar materi dan juga para siswa hanya diiinstruksikan mendengarkan guru mereka berbicara saja tanpa ikut terlibat dalam pembelajaran. Disini siswa tidak diajak untuk terlibat dan ikut berpikir tentang bagaimana caranya untuk mengembangkan sesuatu dari apa yang telah mereka pelajari. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab dimana siswa menjadi bosan saat pembelajaran. Nah oleh karena itulah guru harus mampu mengatasi hal tersebut dan tentunya tampil bersemangat dalam mengajar.

    Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa tips serta cara agar proses KBM tidak membosankan bagi para siswa, Berikut beberapa tips agar siswa tidak jenuh saat belajar di kelas : 
    1. Pemilihan metode yang baik dan tepat, guru sebagai seorang pendidik diharuskan memilih suatu metode yang tepat dan berkualitas. Sebisamungkin metode yang diaplikasikan bisa membuat para siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran yang pada akhirnya kegiatan KBM pun menjadi tidak membosankan bagi para siswa. 
    2. Pemilihan media yang tepat dan berkualitas, guru sebagai seorang pendidik sebisamungkin mempertimbangkan media apa yang sekiranya cocok dan pas untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengaplikasian media itu sendiri adalah agar para siswa bisa menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya tanpa merasa jenuh dan tentunya menjadikan mereka ikut terlibat aktif pada proses pembelajaran. 
    3. Mengadakan sebuah simulasi, hal tersebut sangat diperlukan untuk diaplikasikan di saat proses belajar mengajar. Pilihlah suatu bentuk simulasi yang dapat membangkitkan gairah semangat belajar siswa. 
    4. Lakukan suatu bentuk pembelajaran secara outdoor, guru jangan hanya melakukakan suatu proses pembelajaran di dalam kelas saja, manfaatkan juga lokasi-lokasi yang ada. Kegiatan didalam kelas secara terus-menerus hanya akan menjadikan siswa bosan dan jenuh. Oleh karenanya, cobalah sesekali untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara outdoor sehingga para siswa tidak merasa bosa dengan suasana pembelajaran. 
    5. Pendekatan terhadap para siswa, guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu melakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa agar mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada guru. Hal ini akan menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berperan penting dalam pembelajaran. 
    Mungkin sekian saja tips-tips agar para siswa tidak merasa jenuh dan bosa saat KBM berlangsung. Hal yang perlu diingat disini adalah semua guru harus memiliki banyak kreatifitas dalam menunjang proses belajar-mengajar di kelas, (baca juga: Tips menjadi guru kreatif) sehingga siswa menjadi senang dan tidak membuat siswa bosan dan jenuh.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    13 comments: Leave Your Comments

    1. Bisa lebih detil Mas, terutama di bagian metode mengajarnya, kalo disertai contoh, saya akan sangat berterima kasih.

      Salam kenal :)

      ReplyDelete
    2. Kl hny ngomong itu aja anak sd pun tau,yg perlu mdtode seperti apa,contoh yg menyenangkn itu gmna,tips abal2

      ReplyDelete
    3. Kecewa , judulnya doang menarik isinya nga greget, udah gitu yg komen isinya orang dagang.

      ReplyDelete
    4. saya ingin CD RPP kurikulum 2013 revisi terbaru 2017 dengan harga yang murah, tersedia untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS, MSA/SMK/MA , untuk pemesan bisa hubungi WhatsApp saya 089699837501 , Untuk harga bisa di tanyakan atau kunjungi website sayaa www.rpp2013revisiterbaru.com | Jual CD RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

      ReplyDelete
    5. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
      SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
      Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
      dengan kemungkinan menang sangat besar.
      Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
      Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
      • AduQ
      • BandarQ
      • Capsa
      • Domino99
      • Poker
      • Bandarpoker.
      • Sakong
      Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
      Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
      customer service kami yang profesional dan ramah.
      NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
      Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
      Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
      • FaceBook : @TaipanQQinfo
      • WA :+62 813 8217 0873
      • BB : D60E4A61
      Come & Join Us!!

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika