WHAT'S NEW?

Kiat - kiat Membuat Siswa Bersemangat di Kelas



Random Post
    Siswa tidak bersemangat akan membuat proses pembelajaran di kelas menjadi tidak optimal. Bahkan akan menyebabkan kegiatan belajar mengajar terganggu. Siswa yang tidak berperan aktif di dalam kelas akan membuat suasana belajar tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Niatnya ingin memprioritaskan keaktifan siswa, malah terkesan hanya guru saja yang bekerja. 

    Kiat - kiat Membuat Siswa Bersemangat di Kelas
    Aktivitas Siswa di Kelas
    Melihat permasalahan tersebut, setidaknya seorang guru harus mampu mencari jalan keluar untuk mengatasi itu semua. Guru yang cerdas pasti akan dengan mudah mengatasi masalah tersebut. Nah disini penulis ingin berbagi sedikit informasi dengan anda berkaitan dengan kiat - kiat untuk mengatasi siswa yang nampak kurang bersemangat di dalam kelas.

    1. Tersenyumlah pada saat mengajar

    Guru yang pada saat pertama kali masuk kelas tanpa sedikit pun memberikan senyuman sudah barang tentu membuat siswanya malas. Apalagi jika pada saat mengajar? Murid menjadi ekstra malas, bahkan ingin segera mengakhiri kegiatan belajar mengajar. Mereka sudah tidak bersemangat lagi dengan melihat sikap gurunya tersebut. Melihat kondisi tersebut, cobalah pada saat pembelajaran berlangsung guru hendaknya memberikan senyuman hangat kepada para peserta didiknya. Senyum seorang guru kepada siswanya akan memberikan kesan positif bagi para siswa. Mereka akan merasa diperhatikan dan dihargai oleh gurunya. Keadaan ini membuat siswa menjadi bersemangat saat belajar, lebih dari itu mereka akan berusaha berperan aktif di dalam kelas.
     

    2. Berikan kepercayaan kepada siswa bahwa mereka mampu

    Guru yang terkesan memberikan kepercayaan hanya kepada siswa tertentu, dalam tanda petik "siswa cerdas" akan menimbulkan sebuah efek negatif. Efek negatif ini akan menyerang kepada siswa - siswa yang oleh gurunya tidak diberikan kepercayaan. Mereka akan berfikir bahwa guru tersebut hanya percaya pada si A, dan tidak mengharapkan kepercayaan kepada mereka. Kondisi sulit ini membuat para siswa menjadi kurang bersemangat dan enggan untuk berperan aktif di dalam kelas. Oleh sebab itulah, hendaknya seorang guru untuk tidak menganak emas siswa tertentu. Jadilah orang tua yang baik bagi mereka, hubungan yang baik akan menumbuhkan kesan positif. Dan hubungan antar siswa dengan gurunya bisa terbentuk dengan sebuah kepercayaan.

    3. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat

    Pada saat pembelajaran berlangsung hendaknya guru tidak hanya menjelaskan materi saja akan tetapi memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat. Berbuat disini artinya siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan seorang siswa di dalam proses pembelajaran akan memberikan pengalaman berharga bagi diri siswa dan memberikan efek positif bagi mereka. Siswa menjadi lebih percaya diri dan antusias pada saat pembelajaran.

    4. Berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan siswa

    Tanggung jawab adalah sesuatu yang urgen dan harus di emban oleh seseorang. Tanggung jawab yang diberikan seorang guru kepada siswanya bertujuan untuk memberikan sebuah pengalaman yang sudah barang tentu menjadi sangat bermanfaat bagi si siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung cobalah untuk memberikan tanggung jawab kepada peserta didik anda, misalkan setiap anak bertanggung jawab untuk mengawasi teman sebangkunya atau bahkan diberikan sebuah tanggung jawab untuk menjelaskan materi yang telah disampaikan guru apabila ada temannya yang tidak mengerti. Hal ini akan memicu rasa tanggung jawab dan membuat siswa bersemangat untuk mengemban misi serta tanggung jawab yang diberikan oleh gurunya. Namun perlu di garis bawahi, emban yang diterima oleh si siswa juga jangan melebihi batas kemampuanya. Anda pun harus melihat dulu dari segala segi, karena bisa saja tanggung jawab yang anda berikan malah menjadi beban bagi si peserta didik.

    5. Berikan Pujian/Aplus jika siswa berhasil melakukan sesuatu yang positif

    Ini menurut penulis adalah sesuatu yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Seorang guru tidak ada salahnya untuk memberikan aplus dan pujian kepada muridnya jika mereka telah berhasil melakukan sesuatu yang positif. Siswa yng mendapat aplus dari gurunya, bahkan dari teman sekelasnya akan memicu semnagat belajarnya. Dia akan lebih bersemangat dan terpacu untuk selalu berperan aktif dikelas. Begitupun dengan teman - teman yang lainnya, mereka juga akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama dan ikut bersemangat untuk berperan aktif dalam pembelajaran.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika