WHAT'S NEW?

Super Tips Membuat Program Unggulan di Sekolah



Random Post

    Super Tips Membuat Program Unggulan di Sekolah
    Banyak cara sekolah agar bisa nampak unggul dan banyak cara juga dalam mencapainya. Program unggulan dapat dirancang sedemikian rupa dengan proses yang lama namun dapat juga terjadi tanpa kesengajaan. Sekolah sebagai suatu komunitas harus memiliki tujuan agar mampu mengangkat sesuatu hal yang bisa dijadikan sebagai program unggulan. Manfaat dari sekolah memiliki program unggulan adalah sebagai berikut:
    • Gampang bagi para orang tua serta siswa dalam mengingat apa saja keunggulan dari sekolah bersangkutan, yang mengakibatkan sekolah tersebut favorite.
    • Guru, murid dan orang tua merasakan suatu kebanggan terhadap sekolah.
    • Siswa serta guru merasa bangga bisa bersekolah di tempat yang memiliki keunggulan.
    Bahkan bagi sekolah negeri pun yang katakanlah tidak memiliki kewajiban menarik minat siswa, juga perlu yang namanya program unggulan. Ini malah akan semakin menambah nilai plus plus bagi sekolah tersebut.

    Program unggulan dapat dikategorikan menjadi 3 macam yaitu;

    1. Program unggulan bersifat akademis

    Teknik yang paling mudah yaitu membina siswa untuk diikutsertakan ke dalam lomba/olimpiade yang ada hubungannya dengan mata pelajaran tertentu. Berbicara berkaitan dengan soal subyek yang akan menjadi andalan, tidak lain berkisar antara mata pelajaran matematika dan juga sains. Olimpiade matematika dan sains sangat sering diadakan sebagai suatu cara dalam mengukur pemahaman siswa terhadap konsep. Sekolah yang menjadikan program tersebut sebagai suatu program unggulan, secara rutin akan berusaha menjaring dan melatih siswanya agar bisa berkompetisi.

    2. Program unggulan yang dihasilkan dari ekskul

    Ciri sekolah yang mempunyai program unggulan dari segi ekskul adalah suasana serta kondisi sekolah yang nampak ramai dan sibuk setelah pulang sekolah atau bahkan tidak menutup kemungkinan di hari libur. Akan ada banyak sekali keuntungan terhadap sekolah jika mengambil program unggulan dari sisi ini. Murid dan guru akan terpacu untuk melakukan dan menghasilkan yang terbaik. Misalkan penulis ambil contoh pramuka, apabila dikelola dengan baik dan terstruktur maka eskul ini akan membuat karakter siswa menjadi terbentuk dan sangat berguna saat dewasa.

    Jika ekskulnya diharuskan berbayar, tentu para guru akan lebih bersemangat lagi karena hal ini akan menambah penghasilan. Jika sekiranya sekolah dan orang tua siswa setuju bisa juga meng-hire profesional dalam melatih murid di bidang tertentu. Hal ini pastinya akan membawa konsekuensi pembiayaan dalam prosesnya. Profesional bidang vokal, musik, drum band, drama dan tari merupakan orang-orang yang dapat dilikutsertakan dalam memajukan program unggulan dari segi ekskul di sekolah.

    3. Program unggulan yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah

    Yang termasuk dalam program unggulan untuk jenis ini adalah :
    • Reading Program (contoh: Program membaca untuk murid Sekolah Dasar di mana para siswa membaca buku secara kontinyu dan berkelanjutan yang dimonitor setiap hari oleh guru). Ini sangat bagus sebagai benuk usaha dalam memupuk rasa cinta siswa terhadap membaca.
    • Bela Negara dan kedisiplinan. Sekolah yang suitable dan cocok dalam penerapan jenis ini yaitu sekolah yang lokasinya berada didaerah komplek militer atau juga SMK yang kedisiplinnya dapat terbentuk karena kegiatannya serta aktifitasnya yang bersifat militer dan menegakkan disiplin.
    Nah jika kita sudah tahu apa saja kategori-kategori program unggulan yang bisa diambil oleh sekolah, sekarang mari disimak ukuran sebuah program unggulan yang bisa dikatakan berhasil dan melambungkan nama sekolah:
    • Ada surat kabar serta televisi yang meliput TANPA DIBAYAR sedikitpun oleh pihak sekolah. Mereka datang dengan sukarela karena mendengar atau mungkin mendapatkan informasi dari google tentang suatu sekolah.
    • Ada orang tua siswa yang ingin memasukkan ke sekolah bersangkutan dikarenakan ia tahu bahwa sekolah tersebut unggul dalam suatu bidang tertentu yang didasarkan pada pertimbangan yang ia dapatkan dari orang lain.
    Sebuah sekolah adalah tempat siswa agar bisa ikut andil positif di dalam masyarakat. Sekolah wajib dan harus membuat muridnya merasa bangga pada tempat dimana ia bersekolah. Dengan sekolah berkonsentrasi pada program unggulan disaat yang sama juga sekolah tengah membuat ‘branding’ atas nama sekolah di kalangan masyarakat. 

    Source: https://gurukreatif.wordpress.com


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    2 comments: Leave Your Comments

    1. ini tulisan pak agus sampurno, mas.. koq pake judul penulis nama sendiri... sourcenya di tulis kecil di bawah... ini bukan source.. gak disadur sama sekali... tapi bener2 jiplak

      ReplyDelete
    2. Informasi yang bagus..
      Terima kasih ya..
      Sangat membantu sekali...

      Salam Sukses Selalu...

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika