WHAT'S NEW?

Cara Guru Membuka dan Menutup Pelajaran yang Baik



Random Post
    Cara Guru Membuka dan Menutup Pelajaran yang Baik - Seorang guru kreatif harus mampu membuat perhatian siswa terpusatkan pada materi pelajaran yang diberikan. Tanpa adanya kemampuan tersebut, kegiatan belajar mengajar di kelas tidak akan berjalan sesuai dengan rencana. Waktu yang sangat menentukan sehingga siswa bisa terfokus pada saat pembelajaran adalah di saat guru memulai atau membuka pelajaran. Dengan kemampuan seorang guru dalam membuka pembelajaran, akan memberikan efek pra-kondisi yang positif bagi siswa. Mental dan perhatiannya akan semakin siap dan mantap dalam menjalani KBM. 

    Cara Guru Membuka dan Menutup Pelajaran yang Baik
    Guru Membuka Pelajaran
    Begitupun demikian, menutup pelajaran pun merupakan salah satu aspek yang tidak kalah penting dalam kegiatan pembelajaran. Waktu tersebut adalah saat yang tepat bagi seorang guru untuk menyimpulkan dan mendeskripsikan apa yang telah diajarkan selama kegiatan belajar mengajar. Selain itu, di waktu penutup guru juga bisa memberikan suatu bentuk evaluasi kepada siswa. Tujuannya tentu untuk mengetahui sejauh mana siswa mengerti dan faham akan materi yang diajarkan. Jika guru sudah mengetahui hasilnya, maka guru pun bisa tahu apakah tujuan pembelajaran sudah tercapi atau belum.

    M. Uzer usman memberikan suatu informasi kepada para guru berkenaan dengan komponen - komponen apa saja yang diperluakan pada saat membuka suatu pelajaran:
    1. Menarik Perhatian Siswa, hal ini sangat erat kaitannya dengan model, metode dan gaya mengajar guru. Selain itu variasi pola interaksi dan penggunaan macam-macam media pembelajaran pun termasuk kedalamnya. Apabila siswa pada saat gurunya tengah membuka suatu pelajaran dan nampak guru tersebut memberikan sesuatu yang menarik dan membuat siswa antusias, maka kegiatan KBM pun akan berpotensi baik dan optimal. Pra-kondisi yang baik ini jelas akan berpengaruh terhadap ketertarikan dan motivasi siswa untuk belajar.
    2. Menimbulkan Motivasi Kepada Siswa, disertai dengan kehangatan dan antusiasme siswa. Hal ini tentunya akan mampu meningkatkan keingintahuan siswa dalam belajar yang pada akhirnya siswa pun ikut andil dalam pembelajaran serta mengeluarkan ide-ide yang dimilikinya. 
    3. Memberikan Suatu Landasan atau Acuan, misalnya menentukan tujuan-tujuan dari pembelajaran dan memberitahukan materi yang akan dibahas.
    4. Menjelaskan keterkaitan Materi, maksud dari menjelaskan keterkaitan materi adalah menjelaskan suatu keterikatan antara materi yang akan dibahas dengan materi sebelumnya. Dengan demikian, siswa akan tahu dan faham bahwa materi ini merupakan materi kelanjutan dari materi sebelumnya. Pemberian informasi ini jelas sangat diperlukan demi kelancaran siswa dalam memahami materi.
    Adapun hal yang perlu diperhatikan pada saat menutup pembelajaran adalah sebagai berikut:
    1. Melakukan Tinjauan Kembali terhadap Materi yang diajarkan. Dalam hal ini, guru memberikan suatu kesimpulan dari apa yang telah dipelajari siswa saat pembelajaran berlangsung. Point-point penting yang guru rangkum akan memberikan gambaran jelas kepada siswa berkenaan apa saja materi yang telah mereka pelajari selama KBM.
    2. Melakukan Evaluasi terhadap Pembelajaran. Seperti yang kita ketahui bersama, evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa faham akan materi yang telah diajarakn. Apabila sang guru sudah tahu hasil dari evaluasi siswa, maka dia akan tahu juga berkenaan sejauh mana keberhasilan tujuan pembelajarannya.
    Mungkin sekian saja ulasan tentang "Cara Guru Membuka dan Menutup Pelajaran yang Baik" semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda semua. 



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    6 comments: Leave Your Comments

    1. Bener tuh pak guru. Pembuka yg menarik diharapkan siswa tertarik mengikuti pelajaran yg diberikan. Dan penutup yg menarik diharapkan membuat pelajaran levih berkesan dan siswa ingat dengan apa yg disampaikan oleh gurun. Postingan yg menarik pak. Btw, mampir ke blog saya ya pak

      ReplyDelete
    2. Aku belum pernah mengajar resmi, tapi karena aku calon guru jadi ya harus paham cara membuka dan menutup pengajaran.

      Mungkin dengan berdoa menurut keyakinan masing-masing?

      ReplyDelete
    3. Bener sekali, menjadi guru sebenarnya tidaklah mudah karena perlu adanya perencanaan pembelajaran mulai dari memilih materi, metode, langkah pengajaran seperti menggunakan pembukaan dan penutupan yang tepat

      ReplyDelete

    4. LegendaQQ.Net

      Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang

      LEGENDARIS !!!
      Min Depo 20Rb !!!
      Kartu Para Sang LEGENDA !!!
      WinRate Tertinggi !!!


      Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

      - Domino99
      - BandarQ
      - Poker
      - AduQ
      - Capsa Susun
      - Bandar Poker
      - Sakong Online

      Fasilitas BANK yang di sediakan :

      - BCA
      - Mandiri
      - BNI
      - BRI
      - Danamon

      Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan

      diri anda di Legenda QQ

      Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama

      kami !!!
      Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar"

      nya !!!

      Contact Us :
      + live chat : legendapelangi.com
      + Skype : Legenda QQ
      + BBM : 2AE190C9

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika