WHAT'S NEW?

Tips Menjadi Guru Cerdas dan Disenangi Murid



Random Post
    Guru merupakan aktor utama dalam kegiatan belajar di kelas. Selain itu guru juga harus mampu memainkan peran tidak hanya sebagai pendidik saja melainkan sebagai teladan dan contoh bagi anak didiknya. Cakupannya pun luas, bisa ditinjau dari segi penampilan, tingkah laku sosial dan lain sebagainya. Guru yang cerdas pasti akan tahu apa yang sekiranya harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

    Tips Menjadi Guru Cerdas dan Disenangi Murid

    Untuk menjadi guru yang cerdas dan tentunya disenangi oleh murid bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan perlu adanya sinkronisasi antara niat si guru dengan realita prilaku. Maksudnya adalah antara hati, ucapan dan perbuatan harus selaras. Lucu jika guru menyuruh siswanya untuk melakukan A tapi gurunya malah melakukan B. Siswa akan bingun dan hilang kepercayaannya. Ingat, siswa tidak perlu bimbingan saja tetapi contoh dari gurunya juga.

    Lucunya negeri ini adalah pada saat seorang guru menyuruh para siswa untuk tidak merokok. Merokok adalah prilaku yang tidak baik! Tapi disisi lain mereka malah merokok dan melakukannya sendiri, di sekolah lagi. Bukannya ini adalah hal yang aneh. Tidak ada sinkronisasi antara prilaku dan ucapan. Bagi anda para pendidik pasti sudah sering melihat realita ini atau bahkan yang melakukannya? Jika iya hentikan sekarang juga . . .

    Selain yang diapaprkan diatas ada hal lain juga yang perlu dilakukan oleh guru untuk menjadi guru cerdas, yaitu peningkatan kualitas diri. Peningkatan kualitas diri diperlukan tentunya untuk semakin memantapkan posisinya sebagai guru yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi para anak didiknya.

    Untuk mendapatkan kriteria ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah seperti apa yang akan dijelaskan dibawah:

    1. Mengikuti Seminar

    Seminar merupakan suatu kegiatan yang para pesertanya akan diberikan begitu banyak informasi yang penting dan bermanfaat. Infromasi yang didapatkan akan sangat berguna bagi para pesertanya, khusunya bagi mereka yang berprofesi sebagai seorang guru. Mereka akan mendapatkan wawasan baru dan ilmu baru yang bisa dipergunakan untuk kepentingan dirinya atau siswanya. Apalagi di zaman sekarang ini, yang teknologi sudah menjadi sarapan pagi bagi semua kalangan. Seminar yang ada kaitannya dengan teknologi sangat baik untuk diikuti oleh para guru, ilmu yang didapatkan bisa langsung diaplikasikan dengan kegiatan belajar di kelas.

    2. Melakukan Modifikasi terhadap Perangkat Pembelajaran

    Pemodifikasian RPP, instrumen pembelajaran dan lain sebagainya merupakan hal yang penting dilakukan oleh guru cerdas. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat tidak hanya bagi siswa melainkan guru itu sendiri. Bagi siswa, jika hasil modifikasi gurunya menghasilkan sesuatu yang baik maka mereka akan bisa maksimal mendapatkan pembelajaran dari gurunya. Nah bagi guru, dengan melakukan pemodifikasian akan semakin meningkatkan pemahamannya akan perangkat pembelajaran mana dan seperti apa yang baik untuk dibuat.

    3. Ciptakan Produk Baru

    Guru yang cerdas adalah mereka yang mampu menciptakan produk baru. Karena guru adalah orang yang mengadakan pembelajaran, maka produknya pun harus berkenaan dengan pembelajaran. Bukan hal mudah memang untuk membuat sebuah produk, apalagi jika produknya baru tentu membutuhkan pemikiran ekstra dan perjuangan keras. Namun demikian, apabila guru tersebut terus dan terus berusaha untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru, akan mengasah kemampuan dan tingkat kekreatifannya dalam menciptakan sesuatu. Tentu ini adalah kabar gembira, selain produk yang dihasilkannya bisa bermanfaat buat anak didiknya tetapi ini juga bisa dijadikan ladang bisnis jika produk yang dihasilkan berkualitas.

    4. Bangun Link sebanyak - banyaknya

    Bangun link? Manfaatnya apa? Sekilas membangun link tidak memberikan efek apa-apa. Tapi ingat, ada sesuatu yang bermanfaat bagi mereka yang melakukannya. Dengan melebarkan sayap dan memperbanyak link, seorang guru berkesempatan untuk mendapatkan partner-partner baru dari luar sekolah. Teman - teman baru ini akan bermanfaat sebagai tempat sharing dan bertukar infromasi yang akan menambah wawasan seorang guru.

    5. Banyak Baca Buku

    Seperti pepatah bilang, "Buku adalah jendela dunia". Dengannya mereka bisa mengetahui keadaan dan kondisi dunia luar. Buku yang bagus adalah buku yang bisa memberikan wawasan baru bagi si pembacanya. Terlebih jika buku bacaanya selaras dengan profesi yang diembannya. Misalkan seorang guru fisika, dia akan semakin cocok dengan membaca buku - buku berkenaan dengan pembelajaran, sains dan alam. Dengan banyak wawasan tentang hal itu, sang guru akan dengan mudah untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan informasi baru yang didapatkannya dari buku bersangkutan.

    Tips diatas adalah opini dari saya pribadi, jika anda memiliki tips-tips lain silahkan tambahkan pada kolom komentar di bawah ya . . .


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika