WHAT'S NEW?

Cara Mengajar yang Menyenangkan



Random Post
    Kegiatan mengajar tidak bisa dikatakan sebagai suatu aktivitas atau pekerjaan yang mudah dilakukan. Para pengajar, dengan latar belakang usia maupun pengalaman yang berbeda-beda pun, tidak akan membantah kenyataan bahwa mengajar memberikan sejumlah tantangan tersendiri bagi mereka; terlebih jika kita menginginkan suatu hasil yang benar-benar memuaskan dari hasil pengajaran kita.
    Namun, jika kita pikirkan kembali, esensi dari mengajar itu sendiri, menuntut kita, para pengajar, untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada objek kegiatan kita, yaitu para siswa. Mereka adalah generasi penerus bangsa, yang mana setiap ilmu maupun input lain yang mereka terima harus lah berguna dan berkualitas bagi kelangsungan hidup mereka ke depannya. Tidak hanya itu, setiap perbuatan yang mereka lakukan kepada masyarakatnya bisa jadi merupakan refleksi dari pendidikan yang kita berikan kepada mereka, sehingga tidak ada pilihan lain bagi kita untuk benar-benar menjamin bahwa kita telah memberikan kualitas pengajaran yang baik sekaligus menyenangkan untuk mereka.

    Menurut Anda, apakah manfaat dari pengajaran yang menyenangkan? Mungkin jawaban yang paling sering kita dengar untuk pertanyaan itu adalah memberikan kenyamanan pada siswa dalam belajar. Dengan adanya rasa nyaman yang dirasakan para siswa, mereka akan cenderung lebih mudah memahami materi yang diajarkan sekaligus lebih mudah untuk berkontribusi terhadap kegiatan pengajaran. Akibatnya, kegiatan pembelajaran menjadi jauh lebih efektif karena tidak hanya guru atau pengajar yang memimpin kegiatan secara keseluruhan, namun siswa juga bisa memiliki kesempatan itu dengan porsi dan kualitas yang tentu saja disesuaikan.

    Apakah Anda setuju dengan pendapat tersebut? Jika Anda merasa pengajaran yang menyenangkan sangat esensial untuk diterapkan, maka simak cara mengajar yang menyenangkan berikut ini.

    Kenali Karakter Kelas
    Bagaimana Anda bisa menjadi sosok yang menyenangkan bagi objek tertentu, yang dalam kasus ini adalah kelas, jika Anda belum mengenali apa atau siapa yang Anda hadapi? Karena itu, mengenali karakter siswa Anda secara umum penting dilakukan guna merancang metode atau cara apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. 

    Mengenali karakter dari masing-masing individu akan membutuhkan waktu yang lama, sehingga langkah yang bisa Anda lakukan pada awal kegiatan pengajaran adalah memahami keinginan atau ekspektasi umum dari siswa Anda. Misalnya saja, apakah mereka lebih suka aktivitas belajar yang menuntut mereka mengerjakan banyak tugas rumah dan sekolah ataukah justru mereka lebih suka berdiskusi dalam konteks materi yang sedang dibahas?

    Nah, hal-hal seperti itu bisa membantu Anda menentukan langkah apa yang Anda harus lakukan selanjutnya untuk memberikan pengajaran yang menyenangkan.


    Berikan Siswa Kesempatan untuk Menyampaikan Opini
    Mengenali karakter siswa mungkin juga akan menuntut Anda untuk mengetahui apa yang dirasakan atau dipikirkan siswa Anda mengenai cara Anda mengajar sekaligus materi yang Anda berikan kepada mereka. Karena itu, rasanya memberi mereka kesempatan untuk berbicara dan menyalurkan opini maupun ide mereka terhadap hal-hal yang disebutkan di atas sangat diperlukan. Bagaimanapun, belajar adalah hak sekaligus kewajiban para siswa Anda, sehingga bisa dibilang mereka memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran itu.
    Dengan adanya kesempatan beropini yang Anda berikan kepada siswa, mereka akan secara perlahan merasakan kenyamanan dalam belajar. Tentu Anda bisa mengendalikan jalannya sesi ini di dalam kelas Anda. Selama Anda merasa bahwa opini yang mereka sampaikan relevan dan logis, mengapa tidak?

    Berikan Apa yang Mereka Harapkan
    Setelah Anda memahami betul apa ekspektasi dari siswa Anda, mengapa tidak mencoba mengabulkannya? Bukan kah Anda mengajar untuk kepentingan mereka, yaitu menjadi sosok-sosok berkualitas dan berilmu? Nah, jadi Anda harus mempertimbangkan ekspektasi dari mereka. Selama harapan itu wajar dan bisa dilakukan, sekaligus bermanfaat bagi keberlangsungan kegiatan belajar secara keseluruhan, tentu Anda bisa membantu mereka mewujudkan harapan tersebut.
    Jika Anda mampu merealisasikan harapan mereka dengan tepat, tidak menutup kemungkinan siswa Anda akan merasa senang dalam seluruh kegiatan belajar yang mereka laksanakan bersama Anda. Perasaan senang sekaligus nyaman inilah yang menjadi salah satu penentu apakah pengajaran yang Anda lakukan berhasil atau tidak.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    1 comment: Leave Your Comments

    1. ini mungkin yang memang harus saya lakukan untuk mengajar anak anak.

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika