WHAT'S NEW?

Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas



Random Post

    Cara Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas
    Setiap orang tua tentunya ingin memiliki anak yang pintar dan cerdas. Namun untuk mendapat itu semua bukanlah sesuatu yang mudah, butuh usaha ekstra untuk mewujudkan apa yang dicita-citakannya tersebut. Nah bagi para orang tua yang ingin tahu bagaimana caranya mendidik anak agar pintar dan cerdas berikut ulasannya.

    1. Membacakan Cerita

    Menurut seorang pakar dunia, Dr. Rosmarie Truglio, kegiatan membaca mampu meningkatkan kecintaan anak membaca buku, menambah pembendaharaan kalimat dan keterampilannya dalam kosa kata dan dapat mengembangkan kemampuan dalam berbahasa. Oleh karena itu tidak alasan untuk tidak membacakan cerita kepada anak sejak dini. Ditambah lagi zaman sekarang sudah banyak buku-buku yang menarik dengan warna serta gambar yang enak dibacakan untuk anak.

    2. Dengar Lagu

    Mendengarkan lagu kepada anak mampu menambah perbendaharaan kata si kecil. Pilihlah lagu-lagu yang mempunyai nada serta rima yang unik, ini akan membuat anda dan anak anda bergerak mengikuti alunan lagu. Lebih dari itu jenis lagu seperti ini akan membuat anak senang.

    3. Ikut Bermain

    Ikut bermain saat anak tengah bermain dapat mempercepat proses belajar anak. Menurut Dr. Jean Ashton, potensi bersosial akan semakin berkembang, dapat mengetahui kemampuannya, minatnya, bakatnya serta kebutuhan emosionalnya.

    4. Menjaga Kesehatan

    Para Ilmuan dari salah satu Universitas Illinois telah berhasil membuktikan korelasi antara kesehatan dengan prestasi anak di Sekolah. Ajarilah anak untuk sering berolah raga dan beri juga asupan makanan sehat nan bergizi agar kebutuhan gizi anak terpenuhi.

    5. Belajar Musik

    Hasil Penelitian di Universitas Toronto mengatakan bahwa anak belajar musik akan sangat mudah dalam meningkatkan pembelajaran terhadap otak kanannya.  Semakin banyak yang dipelajari maka akan semakin nyata hasilnya. Lebih dari itu, dari hasil penelitian ini juga didapakan bukti bahwa mempelajari musik dapat meningkatkan kualitas IQ anak.  Peneliti dari Prancis juga mengatakan bahwa dengan 6 bulan pelatihan musik saja mampu memberikan efek pada kemampuan kognitif.

    Selain itu, belajar musik mampu meningkatkan kemampuan membaca dan anak akan menjadi mudah menangkap arah pembicaraan orang lain. Pelatihan musik juga mampu mendorong dalam pengembangan syaraf-syaraf yang tercermin dalam pola tertentu di gelombang otak.

    6. Hindari Junk Food

    Makanan cepat saji dengan kadar lemak dan gula tinggi tidak baik bagi Intelegensi anak. Berikan makanan yang bergizi tinggi, khusunya lagi jika anak anda berusia 2 tahun. Anak mesti makan sejumlah zat besi dalam membantu perkembangan otaknya.

    7. Main Games

    Menurut hasil penelitian di Universitas Rochester ditemukan bahwa anak kecil yang senang bermain games lebih tinggi memiliki keterampilan serta kemampuan dalam menemukan sebuah petunjuk visual dalam belajarnya. Namun demikian, tidak semua games baik untuk anak, ada beberapa games yang menjadikan anak malas dan brutal. Yang paling baik dilakukan adalah dengan memilihkan games edukatif.

    8. Sarapan Pagi

    Sejak tahun 1970-an, sudah terdapat banyak penelitian yang menunjukan bahwa anak yang sarapan pagi memiliki ingatan yang jauh lebih bagus ketimbang anak yang tidak sarapan di pagi hari. Oleh karenanya jangan pernah melewatkan sarapan pagi saat anak hendak berangkat sekolah. Selain itu, sarapan pagi akan mampu menjadikan anak lebih berkonsentrasi pada saat pelajarannya dan juga menjadikan anak mampu belajar lebih cepat. Pastikan si anak untuk selalu sarapan pagi, walaupun hanya sekedar kue atau minum segelas susu.

    Dari hasil penelitian lain yang dilakukan di Universitas Ulm, berhasil membuktikan bahwa seorang anak yang sarapan pagi memiliki memori tajam dan lebih waspada dibanding anak lain yang tidak sarapan pagi.

    9. Pupuk Rasa Ingin Tahu

    Agar anak memiliki minat dan ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan, orang tua tentu harus selalu mengajarkan serta mendidik keterampilan yang baru kepada anaknya. Hal ini dilakukan sehingga rasa ingin tahu si anak akan selalu terjaga dan sang anak mengetahui minatnya di bidang apa.

    10. Penuhi Asupan Omega-3

     Asam Lemak Omega 3 bermanfaat bagi otak serta mampu mengaktifkan daerah otak yang memiliki potensi mendorong peningkatan konsentrasi, memori serta aspek kognitif lainnya. Orang tua bisa memberikan suplemen seperti minyak  atau makanan-makanan yang sekiranya mengandung omega 3 dan DHA.

    11. Batasi Menonton Televisi

    Salah satu dari beberapa kesalahan mendidik anak adalah membiasakan menonton televisi. Kebanyakan menonton TV akan menjadikan anak malas, lebih dari itu pengaruh aca TV terkadang negatif akan juga meresap pada diri anak. Menurut para ahli psikolog, berikan anak jadwal nonton TV 2 jam saja dalam sehari.

    12. Mainan Edukatif

     Pastikan para orang tua dalam memberikan mainan kepada anaknya tidak asal-asalan. Berikan kepada mereka mainan seperti puzzle, sudoku, catur atau teka-teki silang yang tentunya mampu mengasah otak anak. Selain itu, meminta sang anak untuk menghafal hal-hal sederhana juga bisa mengasah otak, berikanlah pujian dan rewards saat mereka berhasil.

    13. Kehangatan Keluarga

    Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan menunjukan bahwa kondisi emosional yang baik dan hangat sangat penting terhadap perkembangan kognitif serta keterampilan anak. Anak-anak yang hidup dan tumbuh kembang bersaa orang tua dengan kepribadian keras akan memilki resiko yang buruk bagi keterampilan anak.

    14. Hindari Kebisingan

    Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Universitas London membuktikan bahwa anak yang hidup di lingkungan bising akan mendapatkan kesluitan dalam mempelajari buku yang tengah dibacanya. Penelitian dari Universitas Kyoto juga menemukan bahwa anak yang terlalu sering terkena bisingan memiliki nilai yang lebih rendah ketimbang anak yang tinggal di lingkungan yang tidak bising/tenang.

    Apabila lingkungan rumah sudah terlanjur di daerah bising, seperti peinggir jalan raya dan lain sebagainya, demi kebaikan anak lakukan strategi yang bijak, seperti memasang tirai yang agak berat, jendela ganda dan benda yang mampu meredam suara bising.

    15. Jam Tidur yang Konsisten

     Tidur sangat mempenagruhi fungsi kognitif anak, termasuk juga didalamnya berkenaan dengan perhatian, memori, cara pemecahan masalah dan cara anak dalam mengambil suatu keputusan. Jika sang anak tidak memiliki waktu yang cukup dalam tidurnya, dia berpotensi kehilangan kemampuan otaknya yang sangat berharga.

    Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan menunjukan bahwa anak yang kurang dalam tidurnya lebih berkesempatan untuk berprilaku negatif di sekolah dan akan mengalami kendala saat pembelajaran. Oleh karena itu, tetapkanlah waktu tidur yang baik untuk anak dan tetapkan juga waktu bangun tidur secara konsisten.

    16. Atasi Stress pada Anak

     Sters yang terjadi pada anak akan sangat mempengaruhi kemampuan otaknya. Dari hasil penelitian di Universitas Malaga, anak-anak usia 9 sampai 12 tahun yang merasakan stres, memiliki hasil ujian (dalam hal ini melibatkan kecepatan memori dan perhatian) yang jauh lebih rendah daripada anak yang tidak memiliki ganggunan stress. Nah apabila anak sudah terlanjur cemas, jangan sampai dia sters, ajak mereka untuk berkomunikasi serta bantu dalam menyelesaikan masalhnya.

    17. Mengenal Alam

    Percaya atau tidak meluangkan waktu di luar rumah ternyata mampu meningkatkan fungsi otak, khusunya berkenaan daya konsentrasi, sikap perhatian dan kontrol implus anak. Alam setidkanya dapat menjadikan otak segar dan juga memberikan keleluasaan bagi mental otot dalam beristirahat.

    Luangkalah anak bermain di alam ya sedikitnya 20 menit sehari. Anak dapat menghasibskan waktu luangnya dengan membaca buku di taman atau mungkin berolahraga jalan kaki di jalanan yang ditumbuhi pohon-pohonan.

    18. Berdoa

    Ini adalah cara yang paling penting. Berdo'alah kepada Allah SWT agar anak anda cerdas dan pintar, karena seberapa besarpun usaha yang dilakukan orang tua untuk kemajuan anaknya jika tidak mendapatkan izin dari-Nya tidak akan menghasilkan apa-apa.

    Source: http://www.tipsanakbayi.com


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika