WHAT'S NEW?

Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar



Random Post
    Cara menghilangkan ngantuk saat belajar merupakan salah satu yang paling dicari oleh para siswa di dunia. Bagaimana tidak? Ngantuk merupakan hal yang paling sering dialami oleh mereka saat hendak belajar, baik itu di sekolah ataupun di rumah. Bahkan ada yang belum sampai 2 halaman membaca, sudah ngantuk duluan. Itu bukan sesuatu yang aneh dan pasti kita pun sering mengalami hal tersebut. Apabila ngantuk sudah datang hanya ada 2 pilihan yang bisa diambil, berjuang untuk tetap membuka mata atau tidur. Nah pada artikel kali ini Ide Kreatif Guru akan berbagi tips dan taktik tentang bagamaina caranya untuk mengatasi hal tersebut semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat anda semua. 

    Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar!
    Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar!

    1. Penyebab Tidur selama Belajar  

    Sebelum membahas secara detail cara untuk menghindari tidur selama belajar, adalah penting untuk memiliki gambaran singkat tentang penyebab kantuk saat belajar. Permasalahan dasar terletak pada otak. Otak membutuhkan banyak ATP untuk bisa berfungsi (ATP adalah jumlah energi). Otak menggunakan ATP dan mengubahnya menjadi ADP. ATP menjaga fungsi otak dan tubuh untuk tetap terjaga. Tapi begitu Anda mulai menggunakan ATP terlalu cepat, seperti saat belajar, banyak ATP diubah menjadi ADP. ADP, tidak seperti ATP, tidak bisa mengimbangi kebutuhan energi dari fungsi otak dan akhirnya tubuh pun tertidur.

    Namun demikian, ketika Anda mendapatkan tidur siang, ADP akan dikembalikan menjadi ATP. Itulah mengapa Anda merasa segar setelah tidur siang. Sekali lagi ATP ini disetel ke ADP dan siklus ini akan terus berkelanjutan

    Baca juga :  Super Tips Belajar Efektif! Siswa Silahkan Baca . . .

    2. Cara Hindari Kantuk saat Belajar?

    Sekarang Anda tahu penyebab tidur selama belajar, nah sekarang saatnya anda untuk memahami cara-cara untuk menghindari ngantuk selama belajar. Beberapa cara untuk menghindari rasa kantuk saat belajar adalah sebagai berikut:

    a. Hindari Latihan Fisik Berat

    Jika anda memaksakan tubuh anda untuk melakukan kegiatan fisik sepanjang hari maka akan membuat anda tertidur lebih awal dari pada hari-hari biasanya. Jika anda terus-terusan pergi ke GYM, tubuh anda akan letih dan akhirnya tubuh pun tidak mampu lagi untuk bekerja. Kondisi ini memaksa anda untuk beristirahat dan menjadikannya sulit terjaga pada malam harinya, khusunya untuk keperluan belajar.

    b. Hindari belajar mata pelajaran atau topik yang sulit di malam hari

    Pada malam hari anda akan mengalami kelambanan serta kurang konsentrasi dalam menyerap atau mempelajari suatu materi, apalagi jika materinya tergolong kompleks dan sulit. Ini mungkin diperharuhi oleh berbagai hal, seperti kelelahan setelah bekerja disiang hari dan lain sebagainya. Lebih baiknya pelajari saja topik-topik yang mudah dan menarik. Untuk belajar malam direkomendasikan pelajaran yang disukai dan favorite. 

    c. Hindari Kipas Angin saat Belajar

    Maksud dari poin ini adalah hindari kipas angin yang hembusan anginnya langsung ke wajah anda. Ketika henbusan angin langsung menuju ke wajah rasa ngantuk dan kondisi ingin berisitrahat akan timbul. Jika kondisi ini terjadi, ya tinggal ucapkan "Selamat datang ngantuk!" dan "Selamat tinggal buku". 

    Hindari kipas angin yang mengarah langsung ke wajah, biasanya ini terjadi pada kipas angin di meja belajar, yang anginnya pasti akan langsung menuju ke area wajah. Pasang saja kipas di atap rumah jika memungkinkan. Namun jika memang tidak ada, pastikan kipas yang berada di meja belajar tidak mengarah langsung ke wajah.

    d. Minum banyak air

    Ini adalah metode yang paling sering siswa gunakan sebelum ujian. Ketika banyak minum,  para siswa akan sulit untuk tertidur dengan mudah ya alasannya karena mereka akan mengalami kondisi ingin buang air kecil terus, yang menjadikannya harus pergi ke kamar mandi berkali-kali. Ini mungkin bukan jawaban terbaik untuk tetap sadar dan tidak mengantuk, namun dalam situasi krisis ini sangat bekerja dengan baik.

    e. Berjalan di sekitar Ruangan

    Jika rasa ngantuk dan letih sangat luar biasa muncul, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan dan menggerakan tubuh disekitar ruangan. Teknik ini cukup ampuh untuk mengusir rasa ngantuk.

    f. Tidur Siang Sebentar

    Tidur siang setidaknya akan memberikan tambahan energi bagi tubuh. Energi ini nantinya bisa dipergunakan untuk keperluan sehari-hari, bagi pelajar tentu ini kesempatan emas untuk belajar. Rasa ngantuk tidak akan timbul yang dikarenakan energi yang dibutuhkan tubuh tersedia. Dalam hal ini, usahakan jangan tidur terlalu lama juga, cukup 20 menit saja. Hanya untuk menambah energi + menghilangkan stress dari rutinitas kehidupan. 

    g. Minum Kopi dan Teh

    Kopi dan teh terbukti mengandung kafein yang akan menstimulus otak untuk tetap segar. Hal ini tentu baik bagi mereka yang ingin tetap terjaga pada saat bekerja. Banyak diantara siswa yang menggunakan cara ini untuk mengatasi rasa ngantuk. Namun demikian, jangan terlalu banyak juga mengkonsumsi kopi, karena hal tersebut akan berakibat buruk untuk kesehatan, seperti lambung dan sebagainya.

    h. Tarik Nafas 

    Tanda awal seseorang sudah mengantuk adalah menguap. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, ketika seseorang menguap berarti jumlah oksigen di dalam otaknya tengah berkurang. Salah satu cara terbaik untuk menormalkan tubuh anda, cobalah untuk menarik nafas dalam - dalam selama kurang lebih 5 detik dan hempaskan lagi selama 5 detik. Lakukan ini terus sampai anda merasa segar kembali.

    i. Makan makanan yang mengandung Omega 3

    Omega 3 merupakan salah satu kandungan makanan yang sangat membantu seseorang untuk tetap terjaga. Jika anda merasakan ngantuk, makanlah makanan yang kaya akan omega 3 seperti ikan, minyak ikan dan ikan salmon. 

    j. Basuh Muka dengan Air Dingin

    Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh seseorang ketika mereka mengalami rasa kantuk yang luar biasa. Cara ini memang terbukti cespleng untuk membuat dirinya terjaga serta mengurangi rasa ngantuk. Air dingin yang dibasukan ke muka atau bagian tubuh, akan menjadikan aliran darah dalam tubuh meningkat. Keadaan ini membuat diri anda menjadi lebih berkonsentrasi dari sebelumnya.

    k. Usahakan Ruang tetap Terang

    Ketika ruangan belajar anda terang, otak akan memberikan respon lebih dan akan membuat mata tidak mengantuk. Oleh karena itu, usahakan tempat belajar anda mendapat pasokan cahaya yang pas dan tidak gelap.

    l. Bersihkan meja Anda.

    Saat kantuk menghampiri adalah waktu yang paling tepat untuk membersihkan meja belajar anda. Saat meja anda sudah bersih dan rapih, anda akan lebih bersemangat dan akan merasakan kesegaran dalam pikiran Anda.

    m. Tidur Cukup

    Inilah merupakan penyebab pertama kenapa seseorang bisa selalu mengantuk. Usahakanlah anda untuk tidur 8 jam sehari. Selain bisa membuat rasa ngantuk hilang, tidur cukup pun menurut penelitian dapat juga untuk menghilangkan penyakit seperti stres dan lain-lain.

    n. Dengarkan Musik

    Mendengarkan musik juga dapat memberikan efek positif pada suasana hati dan dapat menjadikan tubuh tetap terjaga. Tidak harus musik rock keras. Lagu-lagu yang anda nikmati saja dan tentunya bisa menggembirakan hati. Jika hati gembira, maka semangat belajar pun pasti akan tumbuh.

    Demikianlah tips tentang cara menghilangkan ngantuk saat belajar. Semoga artikel yang anda baca bisa bermanfaat dan menambah informasi baru untuk anda.

    Reference :
    http://www.tips-cara.info
    http://www.medlicker.com
    http://www.manageyourlifenow.com

     


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    8 comments: Leave Your Comments

    1. Bersihkan meja belajar ya? Hmn, ini memang sulit kujalani, tp demi gx ngantuk d kampus, harus kulakukan. Thanks for information admin.

      ReplyDelete
    2. terimakasih mas. sangat bermanfaat bagi orang seperti saya. pengen belajar lama, tapi godaan kantuk selalu menghalangi.

      ReplyDelete
    3. terimakasih mas. sangat bermanfaat bagi orang seperti saya. pengen belajar lama, tapi godaan kantuk selalu menghalangi.

      ReplyDelete
    4. jalan-jalan atau lari-lari kecil di dalem ruangan juga ampuh kok gan

      ReplyDelete
    5. Thanks for information min..
      Mampir juga yah..
      ttps://draft.blogger.com/blogger.g?blogID=3724458179209655454#allposts

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika