WHAT'S NEW?

Super Tips Belajar Efektif! Siswa Silahkan Baca . . .



Random Post
    Super Tips Belajar Efektif - Siswa dalam kesehariannya tidak hanya terfokus pada pembelajarannya saja tetapi mereka juga dipaksa untuk  bergulat dengan berbagai masalah dalam kehidupan mereka dan karena hal-hal tersebutlah akhirnya mereka menjadi sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Namun demikian, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak belajar. Jika anda berada di sekolah, anda setidaknya harus tetap belajar sedikit demi sedikit untuk suatu kemajuan. Tapi ingat, kunci untuk bisa mendapatkan keefektifan dalam belajar adalah bukan dengan menjejalkan materi secara membabi buta, belajar lagi belajar lagi, tapi yang diperlukan adalah belajar secara cerdas. Anda dapat mulai belajar cerdas dengan sepuluh kebiasaan ini yang terbukti efektif dalam belajar.


    Super Tips Belajar Efektif! Siswa Silahkan Baca . . .
     

    1. Bagaimana Pandangan Anda terhadap Kegiatan Belajar

    Banyak sekali orang yang menganggap (pola fikir) bahwa belajar sebagai sesuatu yang teramat sangat penting, pasti melelahkan dan menyiksa , bukan dianggap sebagai kenikmatan atau kesempatan dalam belajar. Ya itu tidak masalah sih, namun para peneliti telah menemukan bahwa bagaimana pandangan anda terhadap suatu hal maka akan hampir sama seperti apa yang anda lakukan, "anda berfikir tersiksa ya pasti belajar akan terasa tersiksa". Berada di pola pikir yang tepat adalah hal yang penting agar belajar anda lebih efektif dan cerdas.

    Terkadang anda tidak dapat "melawan" diri anda sendiri untuk bisa berada di pola fikir yang benar dan ini adalah waktu yang sangat tidak tepat untuk dipergunakan untuk kegiatan belajar. Jika anda terganggu akibat masalah hubungan, ada game baru yang sangat menarik atau harus menyelesaikan urusan organisasi, maka memaksakan untuk belajar hanya akan menjadi latihan yang menimbulkan kesengsaraan dan keprustasian. Fikirannya pasti tidak bisa konsen dan akan terfokus ke yang lain, bukan ke belajarnya sendiri. Jika ini terjadi lebih baik kerjakan dulu yang menjadi permasalahan anda, apabila sudah selesai silahkan mulai lagi untuk belajar.

    Cara agar pola fikir anda terhadap belajar menjadi lebih baik dan positif:
    • Cobalah untuk berfikir positif saat belajar dan ingatkan diri sendiri akan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.
    • Hindari pemikiran yang melemahkan hati. Seperti berfikir, "Aku Hancurr, aku sudah tidak punya waktu lagi untuk belajar!", lebih baik ganti pemikiran seperti ini dengan, "Mungkin aku sedikit terlambat dalam belajar, tetapi paling tidak aku sudah mulai belajar dan akan mendapatkan ilmu yang tentunya bermanfaat bagiku"
    • Hindari pemikiran mutlak. Daripada berpikir "Aku selalu mengacaukan segalanya," pandangan yang lebih objektif adalah, "Saya tidak melakukannya dengan baik saat itu, bagaimana ya caranya agar aku bisa memperbaiki hal tersebut?"
    • Hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena Anda biasanya hanya berfikir keburukan yang anda miliki saja.
    Baca Juga: Nasehat untuk Siswa yang Menganggap Mata Pelajaran Anda Sulit

    2. Di mana Anda belajar?

    Banyak orang membuat kesalahan dengan belajar di tempat yang benar-benar tidak kondusif untuk berkonsentrasi. Sebuah tempat dengan banyak gangguan membuat kualitas belajar anda menjadi teramat buruk. Jika Anda mencoba belajar di kamar kos yang banyak teman lagi ngobrol, Anda pasti akan terganggu konsentrasinya bahkan mungkin akan lebih tertarik untuk ikut nimbrung daripada membaca buku.

    Perpustakaan, ruang belajar, atau tempat yang asri nan tenang adalah tempat yang baik untuk belajar. Pastikan untuk memilih tempat yang tenang, tidak bising dan jauh dari keramian. Selidiki beberapa tempat di sekolah dan di luar sekolah, tapi ingat jangan tempat yang terkategorikan "cukup". Tapi cari yang benar-benar nyaman dan ideal. Menemukan tempat belajar yang ideal adalah penting, karena itu salah satu cara agar anda bisa belajar secara lebih efektif dan bisa menjadi andalan tempat untuk belajar dikemudian hari.

    3. Bawa semua yang Anda butuhkan, yang tidak penting jangan!

    Sayangnya, ketika Anda menemukan tempat yang ideal untuk belajar, kadang-kadang mereka membawa hal-hal yang tidak dibutuhkan. Sebagai contoh, kita beranggapan bahwa laptop adalah alat yang sangat penting dan harus dibawa kemanapun, tapi sadar atau tidak laptop adalah gangguan yang kuat dan hebat bagi banyak orang karena mereka dapat melakukan banyak hal dengannya. Bermain game, facebook-an, chating-an adalah gangguan yang nampak indah dan sangat tidak ada hubungannya dengan belajar. Jadi tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan laptop untuk kegiatan belajar anda? 

    Jangan lupa untuk membawa alat-alat yang sekiranya sangat dibutuhkan, khususnya saat berada dikelas pembelajaran. Terlebih lagi saat ulangan. Tidak ada yang lebih memakan waktu dan boros daripada harus berjalan bolak-balik, tanya sana tanya situ, hendak meminjam pensil untuk mengerjakan soal. Selain membuat diri tersiksa, ini jelas akan menghambat kesuksesannya dalam belajar.

    5. Menulis Ulang Catatan

    Kebanyakan orang menulis garis besar yang sama persis dengan orang lain akan membantu mereka menyerap informasi secara lengkap dan mendasar. Mereka beranggapan dengan menghubungkan konsep serupa secara bersama-sama akan menjadikan konsep menjadi lebih mudah diingat. Hal yang perlu diingat dalam menulis garis besar adalah bahwa garis besar hanya sebuah runtuyan kata-kata sebagai sarana belajar. Setiap orang memliki cara berfikir yang unik dan berbeda dalam cara mereka menempatkan informasi (disebut "chunking" oleh psikolog kognitif). Jadi saat Anda sedang menyalin catatan atau garis besar orang lain, pastikan Anda menerjemahkan catatan tersebut dan menguraikan dalam kata-kata Anda sendiri. Gagal melakukan hal ini akan menyebabkan banyak siswa kesulitan dalam mengingat konsep penting.

    Menulis ulang catatan pasti akan memaksa pelakunya untuk menggunakan indra yang dimilikinya, dengan melibatkan indra tersebut akan sangat membantu dalam kemudahan menyerap informasi. Itulah kenapa kegiatan menuis ini ditempatkan di posisi pertama, setidaknya ini akan menjadikan infromasi yang didapat diubah menjadi dalam bentuk kalimat dan akhirnya membuat para siswa faham. Mengucapkan kata-kata berisi informasi dan meludahkannya ke dalam lembaran kertas akan menjadi metode yang sangat baik untuk diterapkan.

    5. Gunakan Memory Games

    Game memori merupakan metode untuk mengingat potongan informasi dengan memanfaatkan hubungan kata-kata yang bersifat umum. Kebanyakan orang yang mempergunakan metode ini membuat sebuah kalimat yang aneh namun mudah diingat. Contoh paling mudah adalah pada saat seorang siswa ingin mengingat unsur-unsur pada suatu golongan kimia, misalkan golongan pertama, yang terdiri atas : H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr. Dengan menggunakan memory games maka akan dihasilkan, : HerLiNa Kawin Roberto Carlos Frustasi. Cara ini bisa juga dibarengi dengan musik latar yang akan membuat kegiatan menghafal menjadi lebih menyenangkan.

    Kunci utama dari metode ini adalah prase atau kalimat baru yang anda ciptakan harus mudah diingat. Tapi ingat ini bisa jadi tidak begitu bekerja untuk sebagian orang, apalagi jika kata-kata aneh yang dibuat hasil dari pemikiran orang lain. Sebaiknya diri sendirilah yang membuatnya agar menjadi lebih mudah diingat dan berkesan. 

    6. Praktek sendiri atau dengan teman-teman

    Pepatah lama mengatakan, "PRACTICE MAKE PERPECT", Praktek akan menjadikan luar biasa. Jika anda ingin menjadikan belajar menjadi efektif dan maksimal perbanyaklah praktik, sendiri pun tidak mengapa. Anda dapat melatih kemampuan anda dengan mengerjakan soal-soal, melatih diri dengan flash card (jika memungkinkan) dan lain sebagainya. Dengan banyak berlatih maka akan membuat anda semakin terasah dalam memahami materi dan tentunya mahir dalam mengerjakan berbagai jenis tes.
     
    Beberapa orang sangat senang melakukan kegiatan belajar dalam bentuk kerja kelompok. Metode belajar seperti ini akan maksimal ketika anggotanya tidak terlalu banyak (sekitar 4 atau 5 orang ), dengan anggota-anggota dari bakat akademik yang sama dan kelas yang sama. Dalam kerja kelompok para anggotanya akan membahas suatu tema secara bersama-sama, bertanya antara satu teman dengan teman yang lainnya jika ada sesuatu yang dikira sulit. Kerja kelompok bisa saja efektif bagi beberapa siswa, namun tidak semua.

    7. Buat Agenda Belajar

    Kebanyakan siswa belajar ketika mereka memiliki kesemapatan atau waktu luang saja. Tapi tidak sedikit pula yang sama sekali tidak belajar. Itu bisa saja terjadi karena kesulitan dalam memanage waktu, jika anda selaku siswa menemukan hal ini, cobalah untuk membuat jadwal untuk keperluan belajar di rumah. Jadwal belajar setidaknya akan membuat lebih mudah dalam menopang kegiatan-kegiatan yang lainnya. Coba anda perhatikan, jadwal sekolah dimulai dari jam 07.00-14.00. Dan ini adalah jadwal yang sudah pasti dan terstrukstur, yang membuat anda sudah pasti belajar pada waktu itu. Demikian juga jika anda membuat sendiri jadwal belajar di rumah, misalkan jam 16.00 sampai jam 18.00. Anda akan terbiasa untuk belajar di jam tersebut. Oleh karenanya tidak ada alasan tidak punya waktu, jika diusahakan pasti ada.

    Jika anda lebih suka belajar secara berkelompok maka penjadwalan merupakan hal yang sangat penting. Jika hanya setengah dari anggota Anda yang berkomitmen untuk mematuhi jadwal belajar, maka Anda perlu mencari anggota kelompok studi lain yang memiliki komitmen dalam mematuhi jadwal belajar berkelompok.

    8. Berikan Rewards terhadap diri sendiri 

    Karena begitu banyak orang yang memandang belajar sebagai tugas dan hal yang pasti melelahkan, kebanyakan manusia akhirnya menghindarinya. Namun, jika mereka diiming-imingi sebuah rewards, kemalasan mereka akan sirna dan akan tumbuh semangat lagi untuk belajar. Ini bisa saja menjadi sesuatu yang positif jika dilakukan secara bijak dan benar.

    Saya ingin bertanya kepada anda selaku siswa, apa yang anda rasakan jika belajar 4 jam non stop di Rumah untuk mempelajari suatu materi? Pasti menyiksa bukan. Cobalah anda bagi waktu tersebut menjadi sesuatu yang meringankan. Misalkan setiap jam beristirahat dan dibarengi dengan cemilan yang setidaknya mampu merefreshkan otak. Terus lakukan ini sampai 4 jam belajar terpenuhi. Tapi ingat, 4 jam ini anda harus berhasil memperlajari satu materi yang sekiranya bisa masuk di akal untuk dipelajari dengan waktu tersebut.
    Buatlah perjanjian dari dalam diri, bahwa jika saya berhasil melakukan ini dan mampu memperlajari materi tersebut, saya akan memberi hadiah terhadap diri sendiri, "Saya akan mendownload game menarik di play store", "saya akan menonton bioskop besok bersama teman-teman" dan lain sebagainya.  

    9. Hiduplah Seimbang

    Memang akan terasa sangat sulit untuk bisa hidup seimbang, apalagi saat masih sekolah. Tetapi ingatlah, jika anda berusaha pasti ada jalan. Semakin anda mampu menyeimbangkan kehidupan, maka semakin mudah bagi anda dalam menjalani komponen-komponen keidupan. Coba anda perhatikan, jika anda selalu dan selalu terfokus bermain games, tentu ini bisa menjadi sebuah ketimpangan dan ketidakseimbangan hidup. Anda akan sangat sulit untuk memulai kebiasaan belajar. Begitupun belajar, jika anda terus dan terus belajar tanpa memperhatikan urusan lain, akan ada sesuatu ketimpangan yang anda rasakan. Misalkan sulit untuk bersosialisasi, sulit menjalin hubungan dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, biasakan hidup seimbang agar anda enjoy menjalani kehidupan ini.

    10. Tahu Harapan Guru terhadap Siswa

    Setiap guru memiki cara pandang tersendiri terhadap siswanya. Jika seorang guru berharap A, maka guru yang lain bisa saja berharap B terhadap muridnya. Karena kita tahu sendri beda guru berarti beda juga pelajaran, yang didalamnya melibatkan pula tingkat kesukaran materi.  Nah hal yang perlu dilakukan oleh seorang murid adalah mengetahui harapan serta ekpektasi dari guru pengajarnya. Bagaimana caranya? Anda bisa langsung ngobrol atau bertanya berkaitan dengan materi, lebih baiknya sebelum pertemuan dimulai. Artinya anda sudah belajar lebih dulu dan tahu bahwa materi tersebut diperkirakan sulit.

    Nah pada saat pembelajaran berlangsung, perhatikan dan catat dengan seksama apa yang dijelaskan oleh guru. Jangan sebatas apa yang ditulis di dalam papan tulis saja, melainkan ucapan-ucapan yang diterangkannya pun harus anda cerna. Jika anda melupkan ini, sungguh kerugian besar bagi anda. Tidak sedikit guru yang menjadikan hal tersebut sebagai bahan ulangan, lha misal anda tidak mencatatnya bagaimana? Ya anda cuman bisa melongo saja. 

    Dengan anda mengetahui harapan guru, anda tahu tujuan dari materi yang disampaikan. Dengan anda tahu tujuan materi, anda akan lebih mudah dalam mempelajarinya dan tentu akan menjadikan kegiatan belajar anda menjadi lebih efektif.

    -Ide Kreatif Guru- 

    Source: 

    http://psychcentral.com

    Grohol, J. (2013). 10 Highly Effective Study Habits. Psych Central. Retrieved on December 31, 2015, from http://psychcentral.com/lib/top-10-most-effective-study-habits/



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika