WHAT'S NEW?

Cara Menjadi Guru yang baik dan Berhati Bintang



Random Post
    Cara Menjadi Guru yang baik dan Berhati Bintang - Siapapun itu, seorang guru yang baik akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk muridnya. Mereka tidak akan hanya sekedar untuk mengajar saja melainkan akan melakukan hal yang lainnya juga demi kepentingan dan masa depan anak didik. Guru yang ke sekolah dengan tujuan mengajar saja tanpa dilandasi keinginan untuk memajukan anak didiknya tidak akan mampu memberikan sesuatu yang maksimal. Dalam hal ini murid pun perlu diberikan sesuatu yang lebih dari gurunya.

    Namun demikian, untuk melakukan itu semua tidak bisa dilakukan dengan mudah. Guru harus memiliki itikad yang kuat dan memiliki hati 'bintang' untuk mewujudkan hal ini. Nah yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar guru bisa memiliki kriteria seperti ini? Dibawah akan saya ulas sedikit berkenaan langkah - langkah yang bisa dilakukan oleh para guru agar bisa menjadi guru yang baik dan berhati bintang.

    1. Ubah Mental Sabar menjadi Mental Syukur

    Istilah Sabar dan Syukur merupakan dua istilah yang sama-sama memiliki makna yang baik. Namun perlu diketahui, ada perbedaan yang mencolok didalamnya, energi orang yang bersabar merupakan suatu bentuk ketiadaan gairah atas hidupnya, tetapi energi orang yang bersyukur adalah mereka yang memiliki kegairahan atas apa yang Allah berikan kepadanya. Oleh karenanyalah bersyukur lebih utama daripada keutamaan orang yang yang bersabar. Meskipun demikian, peranan syukur sekaligus sabar merupakan hal yang sangat penting, kedua sifat ini jika dikolaborasikan akan menjadi landasan penting bagi mereka yang ingin menjadi guru berhati bintang.

    2. Lakukanlah Pemberdayaan Hati

    Hati merupakan penentu kemana prilaku akan bergerak, hati yang suci dan bersih akan mampu menjadikan seseorang semakin dekat dengan cahaya Allah. Prilaku dan tingkah polanya pada saat mengajar akan nampak berkharisma dan memiliki aura positif bagi para muridnya. Kondisi ini jelas sangat bagus bagi para peserta didik. Berkenaan dengan hal ini, maka perlu adanya pemberdayaan hati bagi seorang guru agar hatinya bersih dan suci dari hal negatif. Lakukanlah amalan - amalan lahiriyah dan batin dalm kehidupan sehari - hari. Dengan begitu hati akan befungsi dengan baik dan terarah.

    3. Harmonisasikan Hati, Otak dan Panca Indra

    Ketiga hal ini merupakan unsur yang teramat sangat penting agar bisa menjadi guru berhati bintang. Bukan salah satunya, melainkan satu kesatuan penuh. Jika kesemua hal ini mampu dikolaborasikan dan disinergiskan, seorang guru akan manjadi manusia berkualitas dan berkarakter mulia. Hal ini pun akan menjadikan suatu bentuk latihan bagi dirinya dalam rangka pembentukan mental dan sikap pribadi. Untuk memperoleh kemampuan untuk bisa mengharmonisasikan antara hati, otak dan panca indra perlu adanya usaha yang dilakukan oleh seorang guru dan tentunya dilakukan dengan tawakal dan keistiqomahan,

    4. Fungsikan Leadership dan Manajemen Diri yang Fokus pada Visi Hidup

    Leadership merupakan suatu bentuk kepemimpinan untuk mengarahkan hidup anda sedangkan manajemen adalah waktu, efisiensi dan produktifitas anda. Cara mensinergiskan keduanya adalah dengan visi hidup yang SMART (spesifik, measurable, rational dan limit).

    Source:  Menjadi Guru Bintang Book.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    4 comments: Leave Your Comments

    Portal Belajar Fisika