WHAT'S NEW?

Menanggapi Metode Belajar Anak dengan Tepat



Random Post
    Apakah Anda pernah memaksa anak Anda untuk belajar sesuai dengan kehendak Anda? Mungkin sebagian dari kita tidak menyadarinya, tetapi terkadang pemaksaan ini begitu halus kita lakukan sebagai orang tua kepada anak kita, sehingga tidak terkesan bahwa perintah atau ajakan kita kepada anak untuk belajar merupakan suatu paksaan untuk mereka.

    Salah satu ciri-ciri yang paling jelas terlihat mungkin adalah ketika mereka menolak atau tidak menunjukkan reaksi positif ketika Anda mengingatkan mereka untuk belajar. Penolakan yang mereka tunjukkan tidak selalu berarti mereka tidak ingin belajar. Bisa jadi pada saat Anda memintanya belajar, mereka belum merasa nyaman dan siap untuk belajar. Mungkin alasan ini lah yang mendasari sikap mereka yang ogah-ogahan ketika diingatkan untuk belajar.

    Perlu Anda sadari bahwa masing-masing anak memiliki cara atau metode belajar yang mereka sukai. Para orang tua perlu mengetahui metode belajar yang anak mereka sukai secara umum, karena dengan begitu Anda bisa menempatkan diri sesuai dengan keinginan dan ekspektasi anak Anda.


    Amati Pola Belajar Anak Anda
    Nah, sebelum Anda mengetahui secara lebih detail mengenai metode belajar yang Anak Anda sukai, Anda disarankan untuk mengamati pola belajar mereka. Apakah mereka lebih suka belajar di malam hari ataukah pada sore hari setelah mereka pulang sekolah? Lalu apakah mereka lebih suka belajar sambil berkumpul bersama keluarga ataukah menyendiri di kamar atau ruang belajarnya? Atau mungkin Anda juga bisa mengamati tingkat kerajinan dalam belajar yang ditunjukkan anak Anda. Tidak semua anak menyukai aktivitas ini, dan itu merupakan sesuatu yang sangat wajar.
    Lakukan pengamatan ini tanpa adanya intervensi berlebihan dari Anda. Dengan kata lain, hindari memaksanya untuk belajar. Biarkan anak Anda belajar dengan cara dan waktu yang mereka inginkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat dari pengamatan Anda terhadap aktivitas belajar anak Anda.


    Ajak Mereka untuk Berdiskusi
    Setelah Anda mengetahui karakter belajar yang anak Anda suka, coba ajak mereka untuk mendiskusikan hal tersebut. Anda bisa mengklarifikasi hasil pengamatan Anda kepada mereka. Secara tidak langsung, Anda sudah menunjukkan perhatian Anda sebagai orang tua kepada anak, yang tentunya dapat menimbulkan rasa percaya dalam diri mereka kepada Anda.
    Tidak menutup kemungkinan bahwa hasil pengamatan yang Anda dapatkan tidak dirasa benar oleh anak Anda. Beri mereka kesempatan untuk mengutarakan pendapat mereka mengenai metode belajar yang memang meeka sukai. Bagaimanapun kenyamanan adalah hal yang paling penting bagi anak ketika mereka melakukan aktivitas belajar.

    Berikan Fasilitas sesuai dengan Kebutuhan Mereka
    Nah, dalam langkah inilah Anda dituntut untuk sedikit lebih peka dalam menanggapi ketertarikan anak Anda terhadap metode belajar tertentu. Masing-masing metode belajar memiliki karakter yang berbeda, dan tentu fasilitas yang bisa Anda berikan juga harus berbeda. Coba simak contoh berikut ini untuk membantu Anda menemukan jawaban dari masalah Anda.

    1. Jika anak Anda cenderung lebih suka menyendiri ketika belajar, maka berikan dia ruang yang kondusif untuk mendukung kegiatannya. Jika anak Anda sudah cukup nyaman dengan kamar tidurnya sebagai tempat belajar, maka biarkan dia menghabiskan waktunya disana selama jam belajar tanpa interupsi dari anggota keluarga lainnya. Tapi jangan lupa untuk selalu mengawasinya tanpa membuatnya merasa tidak nyaman.
    2. Beberapa anak tidak terlalu menyukai jadwal belajar yang teratur. Mereka akan belajar ketika mereka merasa ingin belajar. Nah, jika anak Anda menyukai metode belajar yang seperti ini, berikan dia kesempatan untuk mengatur jadwalnya. Anda bisa mengawasinya dengan cara memberikan batasan supaya mereka tidak tetap melakukan kewajibannya sebagai siswa.
    3. Tidak jarang pula kita menemui karakter anak yang membutuhkan seorang pembimbing ketika mereka sedang belajar di rumah. Nah, tidak ada orang lain yang lebih tepat untuk mengisi posisi tersebut selain orang tua. Kalau pun anak Anda menginginkan seorang guru les atau sejenisnya, Anda bisa menghadirkan mereka sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk selalu memberikan pilihan pada anak Anda dan biarkan mereka mengerti situasi yang Anda hadapi.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    7 comments: Leave Your Comments

    1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
      SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
      Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
      dengan kemungkinan menang sangat besar.
      Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
      Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
      • AduQ
      • BandarQ
      • Capsa
      • Domino99
      • Poker
      • Bandarpoker.
      • Sakong
      Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
      Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
      customer service kami yang profesional dan ramah.
      NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
      Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
      Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
      • FaceBook : @TaipanQQinfo
      • WA :+62 813 8217 0873
      • BB : D60E4A61
      Come & Join Us!!

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika