WHAT'S NEW?

Nasehat untuk Anak Didik Anda yang Menganggap Mata Pelajaran Anda Sulit



Random Post
    Apakah anak didik anda memiliki kesulitan terhadap materi yang anda ajarkan? Semisal Fisika, Matematika, Kimia dan lain sebagainya? Yang jelas hanya anda sendiri yang tahu jawabannya. Memang tidak dapat disangkal lagi, pasti ada saja anak yang tidak suka sekaligus merasa kesulitan terhadap beberapa materi tertentu, khususnya materi yang sedang anda ajarkan. Jika sekiranya ini dibiarkan dan tidak diberikan perlakuan apa - apa terhadap si anak, maka akan sangat merugikan diri anak itu sendiri. Mereka akan menjadi antipati sekaligus menghindar dengan mata pelajaran tersebut, bukan hanya pada saat di ajar oleh anda saja akan tetapi pada saat yang menyampaikan mata pelajarannya guru lain pun tetap demikian. Si anak sudah menutup diri sepenuhnya terhadap mata pelajaran berangkutan.


    Nah jika anda termasuk salah satu guru yang mendapati siswa demikian, perlu membaca tips - tips berikut ini. Yang isinya berkenaan dengan nasehat - nasehat yang dapat diberikan sang guru ke pada para siswa yang mengaggap mata pelajaran anda sulit.

    Katakan bahwa mata pelajaran anda mudah dan tidak sulit

    Anggapan sulit terhadap suatu mata pelajaran membuat sel - sel tubuh mengondisikan bahwa mata pelajaran itu sulit. Dengan menanamkan dalam benak si siswa bahwa mata pelajaran yang anda ampu itu mudah, semua sel dalam tubuh siswa akan mengondisikan bahwa mata pelajaran anda itu mudah. Dengan keyakinan seperti ini maka si anak akan memiliki modal 50% untuk menguasai materi dengan baik. 50% lainnya adalah usaha dari si anak itu sendiri. 

    Nah buat para pendidik, jangan pernah lelah anda untuk memberikan nasehat ini kepada anak didik anda, ya meskipun akan sangat sulit untuk merubah pemikiran si anak terhadap mata pelajaran tersebut. Akan tetapi jika ini terus dilakukan secara kontinue dan terukur, maka lambat laun si siswa akan terpengaruh sedikit demi sedikit.

    Katakan Kepada Mereka Jangan Antipati terhadap Mata Pelajaran Bersangkutan

    Rasa antipati atau tidak suka terhadap suatu mata pelajaran berarti sama saja menutupi diri terhadap mata pelajaran bersangkutan. Sehebat apapun guru mengajar, ilmu tidak akan pernah masuk kedalam otak. Semisal masuk pun itu hanya lewat telinga kanan keluar telinga kiri. Oleh sebab itu, nasehati anak didik anda agar suka terhadap mata pelajaran tersebut, dengan menanamkan pemikiran tersebut berarti si siswa akan terbuka dan siap untuk menjaring serta menangkap ilmu - ilmu yang anda sampaikan. Jika itu sudah berhasil dilakukan maka bersiap - siaplah anda sebentar lagi anak didik anda akan antusias terhadap mata pelajaran anda.

    Katakan Jangan Menghafal Rumus tapi fahami konsepnya (jika materi anda banyak menggunakan Rumus)

    Banyak siswa belajar suatu mata pelajaran, seperti Fisika dengan cara yang keliru, yaitu menghafal rumus. Jelas cara ini adalah cara yang salah, dengan hanya menghafal rumus tanpa adanya pemahaman konsep maka apa yang dihafalkannya tersebut akan cepat sekali hilang. Cara belajar yang benar untuk mata pelajaran seperti ini adalah dengan memahami konsep dan rumus dasarnya. Dengan memahami konsep, maka si anak didik akan mampu menjabarkan semua rumus yang berkaitan dengan konsep tersebut tanpa harus menghafal rumus bakunya. Selain membuat siswa faham terhadap materi mereka juga akan terampil dalam menyusun serta menghitung angka - angka yang sekiranya sulit untuk dilakukan.

    Tekankan pada murid jangan malu bertanya jika mendapat kesulitan

    "Malu bertanya sesat di jalan", pepatah lama ini sampai sekarang masih trend dan tidak termakan zaman. Kenapa demikian? Ya silahkan coba lihat siswa anda yang terkadang masih malu pada saat disuruh bertanya. Berikan masukan kepada anak didik anda jika ada sesuatu yang belum jelas terhadap suatu konsep, segera tanyakan. Jika mereka malu bertanya, akibatnya adalah mereka tidak akan mampu memahami konsep. Bahayanya lagi apabila konsep tersebut adalah prasyarat untuk mempelajari konsep yang lainnya, jadi intinya disini adalah seperti materi berantai. Oleh karena tidak mengetahui konsep awalnya, konsep lanjutannya pun tidak akan bisa difahami.

    Nasehati Mereka Jangan Takut Mencoba dan Jangan Takut Salah

    Setelah anak didik anda sudah nampak memahami konsep, tibalah waktunya bagi anda untuk memberikan instruksi kepada para siswa untuk mengerjakan soal - soal berkaitan dengan konsep yang sudah diajarakn oleh anda.  Disinilah kemampuan si anak dalam menerapkan materi yang sudah dipelajarinya diuji. Ya misal mata pelajarannya fisika, ya jelas yang di uji adalah keterampilannya dalam mengolah angka - angka. Berikan arahan kepada siswa agar mengerjakan soal - soal yang sederhana dulu. Jangan beralih mengerjakan soal lain apabila soal yang mudah belum dikerjakan. Tekankan pula agar jangan takut salah dan apabila jawaban si siswa salah, berikan motivasi kepada mereka "jadikan kesalahan tersebut sebagai batu sandaran menuju kesuksesan dalam mengerjakan soal berikutnya".

    Berikan Himbauan kepada Anak Didik Anda agar Sering Berlatih

    Ibarat Pedang, jika tidak sering diasah maka ktajamannya akan berkurang atau bahkan tumpul. Begitupun dalam menguasai materi, siswa perlu yang namanya asahan untuk mempertajam pengetahuannya terhadap konsep, yaitu dengan cara berlatih. Berikan nasehat kepada anak didik anda agar sering - seringlah berlatih, apalagi jika materinya berkaitan dengan yang namanya rumus, tekankan kepada mereka untuk sebanyak mungkin berlatih menggunakan rumus - rumus yang telah si anak kuasai. Semakin sering si anak berlatih, maka akan semakin terampil pula si anak dalam mengerjakan soal - soal. Nah beruntunglah, sekarang kita hidup di zaman yang sangat mendukung dalam pembelajaran, ada yang namanya Internet, buku pelajaran cetak, ebook dan lain sebagainya, yang mana di dalamnya pasti akan ada banyak sekali soal - soal yang kita butuhkan.   


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    1 comment: Leave Your Comments

    1. TERIMA KASIH YA NAK ISMA AGUNG...IBU IZIN COPY YA NAK..SEMOGA KEMUDAHAN DAN LIMPAHAN REJEKI DILIMPAHKAN ALLAH SWT PADAMU....DAN MENJADI AMALAN YANG TIADA BERKESUDAHAN. AMIN

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika