WHAT'S NEW?

Super Tips Mengajar di Kelas Non Unggulan!



Random Post
    Sebagian guru memiliki mimpi untuk bisa mengajar di kelas unggulan. Kelas seperti ini jelas akan membuat guru lebih mudah untuk membagikan ilmu yang dimilikinya kepada para siswa. Namun pada kenyataannya, tidak semua yang diharapkan sesuai dengan kenyataan, terkadang guru diharuskan untuk mengajar di kelas yang biasa saja atau lebih dikenal dengan kelas non unggulan. Kelas yang didalamnya jelas akan sangat jauh berbeda dengan kelas unggulan. Disini guru pasti akan menemukan banyak sekali hal yang menuntutnya untuk bekerja lebih ekstra.

    Tips Mengajar di Kelas Non Unggulan! Guru Ga Usah Risau . . .

    Di kelas non unggulan didalamnya pasti akan kita temui siswa - siswa yang tergolong nakal, berkemampuan kurang dan lain sebagainya. Kebandelan siswa ini tentu sedikit menghambat kegiatan belajar mengajar. Bahkan terkadang apa yang direncanakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tidak sedikit guru yang jadi malas dan marah pada saat situasi ini muncul.

    Apabila diantara rekan - rekan semua menghadapi situasi seperti, jangan risau apalagi galau. Kelas seperti ini bukanlah sebuah bencana, melainkan sebuah tantangan yang harus anda lewati dengan baik. Dengan berfikir kreatif, tenang dan sabar Insha Allah semuanya akan baik - baik saja. Bahkan jika anda berhasil membuat kelas non unggulan menjadi lebih baik lagi, terlebih melampaui kelas unggulan, ada sebuah kebanggan yang sangat luar biasa dalam diri anda. So jangan pernah takut menghadapi kelas seperti ini.

    Sebagaimana judul dari artikel ini yaitu "Super Tips Mengajar di Kelas Non Unggulan!". Maka saya akan share kepada anda semua berkaitan dengan tipsnya dan ini dia ulasannya.

    Siapkan Lebih dari satu Planning ketika Hendak Mengajar

    Seperti yang saya katakan di atas, terkadang pada saat mengajar di kelas seperti ini rencana yang sudah disiapkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itulah guru setidaknya sudah menyiapkan lebih dari saru planning pada saat hendak mengajar, ini dilakukan untuk menyiasati kejadian yang tidak diinginkan. Saya beri contoh,,,, di kelas non unggulan kita pasti akan mendapati sesuatu yang tidak diharapkan dan juga tak diduga-duga, misalkan banyak sekali siswa yang bolos. Sedangkan pada saat itu sang guru sudah mempersiapkan rencana untuk membuat diskusi kelompok. Tentu dalam keadaan seperti ini guru tidak bisa memaksakan untuk melakukan kegiatan berkelompok, toh siswanya banyak yang bolos. Nah oleh sebab itu sang guru harus menyiapkan planning selanjutnya misalkan merubah metodenya menjadi tanya jawab guru murid dan sebagainya.

    Mengaktifkan Siswa

    Siswa di kelas non unggulan terkadang dihuni oleh banyak siswa yang bandel. Siswa jenis ini biasanya sulit sekali diam dan selalu ingin melakukan kegaduhan di kelas. Kondisi ini jelas membuat siapa pun guru geleng - geleng kepala menghadapi kenyataan yang ada. But be Quite, bukan berarti tidak ada cara untuk menghadapi kondisi seperti ini. Selalu ada cara bagi seorang guru kreatif menghadapi hal seperti ini. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan peran siswa di kelas, bahkan jika mau anda bisa mengaktifkan siswa yang paling bandel sekaligus. Misalkan menyuruhnya menghapus papan tulis, membantu menjelaskan materi di depan kelas dan lain sebagainya. Menurut penulis, ini adalah salah satu cara yang efektif dalam menghadapi permasalahan yang seperti ini.

    Santailah Pada Saat Mengajar

    Tidak bisa dipungkiri lagi kelas non unggulan sangat tidak menyukai yang namanya belajar terlalu serius. Mereka menganggap belajar seperti ini adalah sesuatu yang menyiksa dan membuatnya merasa terpenjara. Oleh sebab itu guru harus membuat cara agar si siswa tidak merasakan seperti yang dikatakan di atas, karena jika ini terjadi maka siap- siaplah siswa anda blas tidak menyerap ilmu apa - apa. Yang ada malah kebencian terhadap materi ajar anda. Wow bukan? Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini yaitu berusaha santai pada saat mengajar, hindari situasi tegang dan membosankan di kelas. Lebih dari itu buatlah sebuah candaan - candaan segar pada saat mengajar dengan begitu sang murid akan merasa senang di kelas dan akan dengan senang hati menyimak materi yang anda sampaikan.


    Mungkin sekian saja yang bisa saya sharekan kepada anda semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi anda. Mari kita berusaha untuk menjadi pendidik yang baik dan bisa membanggakan harkat martabat bansa.






    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika