WHAT'S NEW?

Strategi Dasyat Menjadikan Siswa Penasaran dan Ingin Tahu Banyak



Random Post
    Pernahkan anda melihat sebuah Film? Menarikah film yang anda lihat tersebut? Jika iya, apa yang menyebabkannya menarik? Tentu jawabannya relatif, ada yang mengatakan karena alur ceritanya, ada yang karena pemeran filmnya dan lain sebagainya. Nah begitupun dengan siswa, ketika anda ingin membuat siswa tertarik dan ingin tahu banyak tentang suatu hal maka anda harus memberikan sesuatu yang menarik.

    Strategi Dasyat Menjadikan Siswa Penasaran dan Ingin Tahu Banyak

    Meningkatkan keingintahuan siswa terhadap sesuatu yang menyangkut pembelajaran memang tidak bisa didapatkan begitu saja. Guru setidaknya harus menyediakan sebuah daya tarik sehingga siswa menjadi tertarik dan antusias. Seorang guru kreatif tentunya harus tahu jenis kegiatan seperti apa saja yang sekiranya pas, menarik dan terukur yang pada akhirnya bisa meningkatkan minat siswa untuk belajar.

    Berikut saya sharekan kepada anda tentang jenis - jenis kegiatan yang mampu membuat siswa ingin tahu banyak.

    1. Kunjungan ke Luar Sekolah

    Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar siswa menjadi semakin antusias terutama dalam hal pembelajaran. Kunjungan ke luar sekolah selain memberikan manfaat serta pengalaman kepada siswa, kegiatan ini juga akan mengurangi kejenuhan siswa yang dalam pembelajaranya kebanyakan dihabiskan di kelas. Di kegiatan seperti ini siswa bisa sekalian refreshing sekaligus menemukan hal - hal baru yang sekiranya tidak mereka temukan di lingkungan sekolah. Hal - hal baru inilah yang akhirnya menjadikan siswa menjadi penasaran dan ingin mengetahui banyak tentang hal baru tersebut.

    2. Menyediakan sumber belajar yang menarik

    Sumber belajar yang menarik akan mampu meningkatkan antusias siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada saat seorang guru masuk ke dalam ruang kelas dengan membawa sesuatu yang menarik, baru dan tidak biasa maka si murid akan penasaran dengan apa yang sebenarnya di bawa oleh sang guru? Kepenasaranan ini akhirnya membuat para siswa terfokus dan tertuju perhatiannya kepada satu titik yaitu sumber belajar yang tengah dipegang oleh sang guru.

    Untuk contoh dari sumber belajar itu sendiri beraneka raga, foster yang menarik dan berisikan materi pembelajaran pun bisa dikatakan sebagai sumber belajar. Karena isi serta konten yang terdapat di dalamnya adalah materi yang akan di ajarkan oleh guru. 

    3. Mendatangkan tamu pembicara ke kelas

    Siapa saja ketika kedatangan orang baru pasti akan muncul rasa penasaran. Begitpun siswa, ketika mereka kedatangan orang luar tentu akan meningkatkan antusiasme siswa yang pada akhirnya menjadikan mereka ingin tahu banyak. 
    Keingintahuan merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi para siswa, karena dengan ini mereka akan semakin termotivasi untuk belajar.

    Mendatangkan tamu pembicara bukanlah sesuatu yang sulit, guru tinggal meminta bantuan kepada pihak tertentu yang sekiranya mau membantunya untuk mencari orang yang tepat dijadikan pembicara di kelas. Apabila guru sudah berhasil mendatangkannya tinggal saja siswa disuruh untuk bersiap akan kedatangan orang baru tersebut. Dengan demikian mereka tidak akan kaget ketika sang pembicara datang.

    4. Membuat sebuah karya seni rupa

    Tidak bisa dipungkiri lagi hampir setiap orang menyukai yang namanya seni, ya meskipun jenis seninya tidak sama. Tetapi paling tidak seni merupakan sesuatu yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan sehari - hari. Bagi para siswa seni bisa menjadi sesuatu yang sangat menarik bahkan akan membuat mereka nyaman melakukannya. Dengan sedikit suntikan dan pemikiran kreatif dari seorang guru, siswa bisa semakin temotivasi untuk membuat sesuatu yang baru dan belum pernah ditemui sebelumnya.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika