WHAT'S NEW?

Pengertian dan Langkah Model Pembelajaran Inkuiri



Random Post
    Di dunia pendidikan, model pembelajaran yang cenderung menitik beratkan pembelajaran satu arah nampaknya kurang efektif jika dibanding dengan model pembelajaran dua arah. Maksud dua arah disini adalah siswa ikut dilibatkan dan berperan aktif dalam KBM. Sehingga tidak ada ceritanya guru berbicara kemudian siswa mencatat.

    Pengertian dan Langkah Model Pembelajaran Inkuiri

    Nah untuk bisa menciptakan kegiatan belajar mengajar yang melibatkan peran aktif siswa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang guru, salah satunya dengan menerapkan macam - macam model pembelajaran. Beberapa model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa adalah model pembelajaran Inkuiri. Dengan model pembelajaran ini siswa akan lebih ditekankan untuk berperan aktif dan menemukan sesuatu yang baru untuk dipelajari.

    Adapun prinsip - prinsip model pembelajaran Inkuiri mencakup:
    1. Berorientasi terhadap pengembangan kemampuan berfikir
    2. Interaksi, Proses  pembelajaran hakikatnya merupakan suatu proses interaksi, baik itu interaksi antar siswa, dengan guru, atau mungkin interaksi antara siswa dengan lingkungan sekitar 
    3. Bertanya, Mengembangkan sikap kritis peserta didik dengan selalu menanyakan berbagai fenomena yang ada.
    4. Belajar berfikir, Proses mengembangkan potensi otak secara maksimal
    5. Keterbukaan, suatu pembelajaran dikatak bermakna jika pembelajaran yang memfasilitasi berbagai kemungkinan sebagai suatu hipotesis yang mesti dibuktikan keabsahan dan kebenarannya secara terbuka.
    Baca juga tentang : Pengertian dan langkah-langkah model pembelajaran STAD

    Pengertian Model Pembelajaran Inkuiri

    Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran penemuan. Siswa akan dituntut untuk menemukan serta mencari jawaban atas suatu permasalahan yang tentunya dilakukan dengan cara sistematis, logis dan kritis dan dianalisis dengan perhitungan yang matang. Menyimak ulasana tersebut, model pembelajaran inkuiri jelas akan lebih menjadikan siswa untuk selalu terlibat dan banyak berdiskusi dalam penerapannya. Guru disini hanya menjadi seorang fasilitator selebihnya murid yang lebih berperan. Berkenaan dengan model pembelajaran inkuiri, ada 2 macam jenis model ini yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran inkuiri terikat.

    Langkah - langkah Model Pembelajaran Inkuiri

    Nah apabila anda sudah faham akan pengertian model pembelajaran inkuiri, sekarang saatnya mempelajari berkaitan dengan langkah - langkahnya. Secara garis besar terdapat 5 langkah pada model pembelajaran inkuiri ini, yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, merumuskan kesimpulan dan menguji hipotesis.

    1. Orientasi

    • Membina kondisi pembelajaran yang responsif
    • Guru berupaya mengkondisikan agar peserta didik siap dalam melakukan kegiatan pembelajaran
    • Guru berupaya mengajak dan merangsang peserta didik untuk berfikir dalam pemecahan masalah.

    2. MerumuskanMasalah

    • Langkah menggiring peserta didik ke suatu permasalahan
    • Permasalahan yang diberikan adalah permasalahan yang membuat siswa tertantang untuk berfikir dalam menyelesaikan teka - teki yang diberikan.
    • Dikatakan sebuah teka - teki dalam rumusan masalah yang hendak dipelajari disebabkan persoalan itu tentu ada jawabannya, dan peserta didik didorong untuk memperoleh jawaban yang benar dan tepat.
    • Proses pencarian jawaban merupakan hal yang urgen dalam strategi ini, oleh karena itu melalui model ini peserta didik akan mendapatkan pengalaman yang teraat berharga sebagai suatu usaha mengembangkan mental melalui berfikir.

     3. Merumuskan Hipotesis

    • Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang tengah dikaji. 
    • Sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara, hipotesis mesti diuji terlebih dahulu kebenarannya. Perkiraan dari suatu hipotesis bukanlah sembarang perkiraan, akan tetapi mesti mempunyai landasan yang kuat agar hipotesis itu bersifat logis dan rasional. 
    • Kemampuan dalam berpikir logis akan sangat dipengaruhi oleh wawasan serta keluasan dalam pengalaman. Dengan demikian, setiap peserta didik yang kurang dalam hal wawasan akan mengalami kesukaran dalam mengembangkan suatu hipotesis yang logis dan rasional.

    4. Mengumpulkan Data

    • Merupakan suatu bentuk aktivitas menjaring beberapa informasi yang sekiranya diperlukan dalam menguji kebenaran hipotesis.
    • Dalam pembelajaran inkuiri, mengumpulkan data adalah proses mental yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pengembangan intelektual.
    • Proses pengumpulan data tidak hanya membutuhkan suatu motivasi yang kuat dalam kegiatan belajar, akan tetapi membutuhkan juga kemampuan menggunakan potensi berfikir dan ketekunan.

    5. Menguji Hipotesis

    • Merupakan proses menentukan jawaban
    • Dalam pengujian hipotesis yang paling penting adalah tahu akan keyakinan peserta didik atas jawabannya.
    • Menguji hipotesis adalah proses mengembangkan kemampuan berfikir secara rasional.
    • Kebenaran akan jawaban yang diberikan tidak hanya sebatas dari opini dan argumen saja, tapi harus didukung juga oleh data  yang ditemukan.

    6. Menarik Kesimpulan

    Merumuskan kesimpulan adalah proses mendskripsikan hasil temuan yang didapat dari hasil pengujian hipotesis. Untuk bisa mencapai kesimpulan yang baik dan akurat, sebagiknya pendidik dapat memperlihatkan pada peserta didik data mana yang sesuai dan relevan.

    Mungkin sekian saja artikel tentang model pembelajar Inkuiri. Semoga artikel ini bisa membantu anda selaku pendidik yang kreatif.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika