WHAT'S NEW?

Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran Discovery Learning



Random Post
    Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran Discovery Learning - Dalam pendidikan, model pembelajaran merupakan salah satu alat yang bisa dipergunakan oleh para pendidik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal. Selain itu model pembelajaran yang diaplikasikan oleh pendidik pada setiap pembelajarannya akan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi bervariasi dan tentu hal ini bisa menghindari kejenuhan siswa dalam belajar.
    Model Pembelajaran Discovery Learning

    Perlu diketahui bersama, model pembelajaran yang menitik beratkan peran aktif siswa akan memberikan suatu efek positif dan bagus ketimbang model belajar yang menitikberatkan keaktifan guru dalam kegiatan pembelajarannya. Siswa yang hanya mencatat dan guru berbicara tidak memberikan pengalaman belajar secara maksimal. Padahal jika meniliki manfaat pengalaman belajar terhadap siswa akan ada banyak sekali yang bisa siswa peroleh terutama dalam hal wawasan keilmuan. 

    Nah salah satu model pembelajaran yang mengusung keaktifan siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Pada intinya model belajar ini akan menyuruh siswa untuk menemukan suatu jawaban atas permasalahan yang berikan sang guru.

    Pengertian Model Pembelajaran Discovery Learning

    Metode pembelajaran discovery  Learning merupakan  sebuah teori pembelajaran  yang diartikan sebagai bentuk proses belajar yang terjadi jika  siswa tidak disuguhkan dengan pelajaran dalam bentuk akhirnya, akan tetapi  diharapkan untuk mengorganisasi  sendiri.

    Sebagai  sebuah strategi  belajar,  ​model pembelajaran discovery learning memiliki prinsip yang mirip dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran problem solving​. Perbedaannya dengan model ​discovery yaitu bahwa  pada  model pembelajaran ini per​masalahan yang diberikan kepada peserta didik sebagai suatu masalah yang sudah direkayasa  oleh pendidik, sedangkan  pada model pembelajaran inkuiri  permasalahan yang dibuat bukan merupakan hasil rekayasa.

    Nah perbedaannya dengan problem Solving adalah model pembelajaran problem solving lebih memberikan tekanan terhadap keterampilan dalam memecahkan permasalahan. Akan tetapi prinsip pembelajaran yang terlihat jelas dalam model discovery Learning adalah bahan  pelajaran atau materi yang hendak diberikan  tidak disampaikan seutuhnya, sebagai gantinya siswa akan didorong untuk menganalisis sendiri apa yang ingin dicari kemudian para siswa mengorgansasi  apa yang telah mereka pahami dalam suatu bentuk final. 

    Langkah - langkah Model Pembelajaran Discovery Learning

    Ada beberapa langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning. Untuk uraiannya adalah sebagai berikut:
    1. Menentukan tujuan dari pembelajaran
    2. Menganalisis/mengidentifikasi karakterisitik para siswa
    3. Memilih materi pelajaran.
    4. Menentukan topik - topik yang harus dipelajari oleh peserta didik secara induktif (dari contoh yang bersifat general)
    5. Mengembangkan suatu bahan belajar yang berupa ilustrasi, contoh - contoh, atau tugas yang nantinya dipelajari oleh siswa.
    6. Mengorganisir topik - topik pembelajaran dari yang sederhana ke yang lebih kompleks.
    7. Melakukan penilaian hasil belajar dan proses.
    Mungkin sekian saja artikel kali ini. Semoga kita selaku guru kreatif mampu memberikan yang terbaik untuk anak didik kita.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    2 comments: Leave Your Comments

    Portal Belajar Fisika