WHAT'S NEW?

Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran CTL



Random Post
    Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran CTL - Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman kepada siswa, bukan pembelajaran yang hanya sekedar menyuruh siswa untuk menghafal materi. Jika siswa hanya dijejeli materi dan disuruh menghafal saja, tanpa adanya peran aktif dari si anak, maka proses belajarnya tidak akan maksimal yang pada akhirnya akan berdampak buruk terhadap hasil belajarnya. Perlu diketahui bersama, pengalaman dalam proses pembelajaran adalah hal yang sangat penting dan urgen demi keberhasilan siswa dalam menguasai materi.

    Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran CTL

    Berbicara tentang materi, sejenak kita akan berfikir tentang jenis materi apa yang seharusnya siswa pelajari dan bagaimana caranya materi tersebut mampu memberikan manfaat langsung bagi kehidupan siswa. Terkadang ada sebagian siswa yang memperlajari suatu materi namun pada kenyataannya siswa tersebut tidak tahu apa manfaat dari materi yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata. Siswa hanya memperlajari materi berdasarkan apa yang diinstruksikan oleh gurunya. 

    Perlu diingat, proses pembelajaran seperti ini jelas sangat tidak disarankan. Siswa seakan - akan dipaksa untuk melakukan sesuatu sedangkan mereka tidak faham akan manfaat dari perintah sang guru. Boleh jadi, siswa belajar hanya sekedar sebagai suatu syarat agar bisa mendapatkan nilai. Melihat kondisi tersebut, maka perlu adanya usaha dari para pendidik, khususnya dalam hal strategi pembelajaran, dimana dalam penyampaian materinya disisipi pula dengan manfaat dan hubungannya dengan kehidupan para siswa. 


    Nah yang menjadi pertanyaannya adalah . . .  bagaimana caranya? dan apa yang harus dilakukan oleh para guru agar hal tersebut bisa terwujud? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerpakan model pembelajaran yang dalam penerapannya dapat menghubungkan antar konsep yang diajarkan dan kehidupan. Apakah ada model pembelajaran seperti itu? Yap, ada . . .  model pemebalajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning atau CTL.

    Pengertian Model Pembelajaran CTL 

    Model Pembelajaran CTL adalah sebuah model pembelajaran yang dalam proses belajarnya bertujuan untuk menolong para peserta didik melihat arti dan makna dibalik materi ajar yang mereka pelajari dengan cara mengaitkan subjek-subjek materi pembelajaran dengan konteks yang ada kaitannya dengan kehidupan siswa, baik itu dari keadaan pribadi, sosial, dan budaya mereka. Dengan diberlakukannya model pembelajaran CTL diharapkan proses belajar siswa berlangsung alamiah dimana siswa bekerja dan juga mengalami tidak sebatas transfer ilmu dari guru ke siswanya. 

    Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dari pemberlakuannya model pembelajaran CTL terhadap proses belajar siswa. Ketiga hal ini merujuk pada manfaat dari model pembelajarn itu sendiri:
    1. Dengan diterapkannya model pembelajaran CTL diharapkan siswa mampu menemukan materi berdasarkan pemahaman sendiri (Konstruksi).
    2. Diharapkan dengan model pembelajarn ini siswa mampu menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan konteks - konteks kehidupan nyata.
    3. Siswa mampu menerapkan ilmu dari materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari - hari.
    Dari penjelasan diatas jelas, model pembelajaran kontekstual and learning adalah salah satu model pembelajaran yang bisa dijadikan oleh para pendidik sebagai senjata untuk tercapainya tujuan belajar yang maksimal, selain modelnya yang memberlakukan peran aktif siswa lebih dari itu model pembelajaran CTL mampu memberikan suatu keadaan dimana materi belajar yang dipelajari siswa dapat terkoneksikan dengan kehidupan nyata.

    Langkah - langkah Model Pembelajaran CTL

    Apabila anda sudah faham tentang model pembelajaran CTL, baik itu pengertian ataupun juga manfaatnya. Sekarang saatnya bagi anda untuk mengetahui langkah - langkah apa saja yang harus dilakukan dalam penerapan model pembelajaran CTL. Adapun step by stepnya adalah sebagai berikut:
    1. Kembangkan sebuah pemikiran dimana siswa akan belajar lebih bermakna jika mereka bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengonstruksikan sendiri berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan barunya; 
    2. Lakukan sejauh mungkin aktifitas inkuiri untuk semua pembahasan.
    3. Kembangkan sifat ingin tahu para peserta didik dengan bertanya.
    4. Ciptakan masyarakat belajar di dalam kelas.
    5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran; 
    6. Lakukan sebuah kegiatan refleksi diakhir pertemuan.
    7. Lakukan sebuah penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara dan teknik.
    Mungkin sekian saja pembahasan berkenaan dengan "Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran CTL" semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi anda semua selaku pendidik cerdas dan berkualitas.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    2 comments: Leave Your Comments

    1. nah ini penting juga untuk pembeajaran ehhe . nice share gan

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika