WHAT'S NEW?

Kenapa Siswa Finlandia sangat Cerdas dan Terkenal di Mata Dunia !? Ini dia Rahasianya!



Random Post
    Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan yang bisa dikatakan luar biasa, terbukti dengan lulusan-lulusannya yang berkualitas. Menurut saya itu bisa terjadi karena sistem pendidikan yang mereka terapkan sangat efektif dan efisien, bagaimana tidak? Sistem pendidikan yang mereka buat didesain sedemikian rupa sehingga membuat para siswa bisa mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan optimalnya peran pemerintah dalam  sistem pendidikan, maka akan optimal juga hasil yang didapat oleh para siswa di sana. Akhirnya, siswa Finlandia pun menjadi siswa yang terkenal cerdas dan sukses di mata dunia.

    Di bawah akan saya jelaskan rahasia-rahasia apa saja yang membuat siswa-siswa finlandia bisa menjadi cerdas dan terkenal di mata dunia.

    Anak-anak baru mulai bersekolah pada saat usia mereka 7 tahun

    Berbeda dengan sistem pendidikan negara pada umumnya yang menerapkan usia 6 tahun untuk memulai sekolah, di Finlandia siswa baru diperbolehkan untuk bersekolah pada saat mereka sudah berusia 7 tahun. Itu dilakukan karena berbagai pertimbangan, salah satunya adalah berkaitan dengan kesiapan mental si anak. Mereka beranggapan bahwa anak usia dini masih perlu bersosialisasi dan mencari banyak teman. Nah ketika mereka sudah menginjakan kaki di kelas 4 sekolah dasar, barulah siswa diberi tugas yang nantinya dijadikan sebagai pedoman penilaian.

    Cara belajar mereka, 45 menit belajar ; 15 Menit Istirahat 

    Cara belajar seperti ini mereka buat, agar jumlah istirahat pada saat proses pembelajaran menjadi lebih panjang. Dengan begitu siswa tentu menjadi tidak jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung. Lebih dari itu mereka beranggapan, dengan adanya istirahat setiap 45 menit sekali, maka fokus mereka terhadap materi yang sedang dipelajari akan semaikin baik karena otak mereka selalu diusahakan untuk selalu fresh dan tidak tertekan. Ini memang masuk akal, karena kamu tahu sendiri jika saat belajar dalam keadaan fikiran tertekan dan cape maka belajar pun tidak akan bisa maksimal dan akan sulit berkonsentrasi.

    Semua Sekolah di Finlandia bebas biaya dan sekolah swasta diawasi ketat agar biayanya bisa terjangkau

    Sungguh luar biasa sistem pendidikan disana, pemerintahannya benar-benar menginvestasikan keuangan negaranya untuk pendidikan. Coba bayangkan, semua sekolah negeri di sana menyediakan sekolah gratis untuk semua siswa, siswa yang yang miskin dan yang kaya tidak dibeda-bedakan, semua mendapatkan perlakuan yang sama. Dengan keadaan seperti ini tentu membuat para siswa disana menjadi enjoy dan nyaman dalam menempuh pendidikan disana, karena yang namanya biaya sekolah sudah tidak menjadi beban pikian buat mereka. Lebih dari itu, finlandia juga menyediakan berbagai kebutuhan pendukung proes pembelajaran seperti makan siang, biaya kesehatan dan biaya transportasi. Sungguh menarik memang sistem pendidikan disana, ini sangat memanjakan para pelajar disana. Jika kita tinjau sekolah swasta disana, maka pemerintah akan mengawasi sekolah swasta tersebut agar semua biaya yang terdapat di dalamnya bisa dijangkau oleh siswa disana.

    Semua guru di Finlandia dibiayai pemerintah dalam mendapatkan gelar master

    Pemerintah Finandia beranggapan bahwa sistem pendidikan sangat dipengaruhi oleh guru. Semakin baik kualitas para guru maka akan semakin baik pula sistem pendidikannya. Nah mengetahui hal tersebut, pemerintahan Finlandia berusaha untuk meningkatkan kualitas para guru, salah satu caranya adalah dengan memberikan biaya gratis kepada semua guru untuk mendapatkan gelar master. Jika seorang guru sudah mendapatkan gelar master, maka secara otomatis kemampuan guru sudah tidak usah dipertanyakan lagi. 
    Perlu kamu ketahui gaji guru disana sangatlah besar. Jika dibuat perbandingan, gaji guru disana 2x lebih besar dibanding gaji guru di Amerika Serikat.  Di Finlandia guru adalah profesi yang sangat dikagumi dan digandrungi oleh karenanya pasti tidak mudah untuk menjadi guru profesional disana.

    Tidak ada ujian nasional

    Pemerintah sudah sangat percaya dengan kualitas guru yang mereka miliki. Guru sudah dianggap sebagai seseorang yang paling tahu kurikulum dan cara penilaian terbaik bagi para siswanya. Keadaan tersebut membuat ujian nasional disana tiadakan.Menurut saya prbadi, sistem pendidikan tanpa memasukan ujian nasional kedalamnya sangatlah tepat. Karena kita tahu sendiri setiap siswa memiliki keanekaragaman kemampuan. Keanekaragaman kemampuan ini tentu tidak bisa dinilai oleh satu jenis ujian yaitu ujian nasional yang sifatnya umum, keadaan ini menjadikan siswa tidak bisa diprediksi potensi terbaiknya. Berbeda jika guru si murid tersebut yang langsung memberikan ujian ke si anak bersangkutan, guru jelas tahu potensi terbaik si anak sehingga akan memberikan ujian sesuai dengan kondisi anak tersebut. Kondisi ini tentu akan menjadi lebih optimal ketimbang penggunaan ujian nasional.

    Sistem pembelajaran siswa SMP-SMA sama seperti sistem di kuliahan

    Siswa SMP-SMA disana sistem pembelajarannya mirip seperti diperkuliahan, mereka belajar hanya 4-5 jam. Selain itu mereka bisa menentukan sendiri jadwal belajar yang mereka inginkan. Tentunya ini sangatlah meringankan, mereka datang bukan karena paksaan melainkan karena keinginan mereka sendiri. Selain itu pendeknya jam pelajaran, membuat mereka bisa lebih produktif karena memiliki waktu luang yang lebih besar untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

    Tidak ada sistem ranking

    Upaya pemerintah Finlandia untuk menjadikan siswanya cerdas sangat luar biasa. Salah satunya adalah dengan meniadakan sistem ranking, itu dilakukan agar tidak ada anggapan "sebagian siswa cerdas" dan "sebagai siswa bodoh". Hal tersebut hanya akan membuat salah satu diantaranya menjadi merasa lemah dan tidak mempunyai semangat untuk berprestasi. Melihat kondisi tersebut, tentunya harus ada sesuatu yang dilakukan yaitu dengan menganggap semua siswa adalah pintar dan tidak ada satu pun yang bodoh. Jika ini berhasil dilakukan maka siswa akan terus termotivasi untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.


    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    2 comments: Leave Your Comments

    1. Waw...andai ini d terapkan d indonesia. Luw dsni paud ja maunya udh bsa calistung,klo ngga bsa para ortu akan protes.hee

      ReplyDelete

    Portal Belajar Fisika