WHAT'S NEW?

Langkah Sederhana Merubah Kelas Nakal Menjadi Lebih Baik



Random Post
    Jika kelas yang sedang anda ajar adalah jenis kelas yang terkenal nakal, maka tenanglah ada beberapa tips sederhana yang akan saya sharekan kepada anda berkaitan dengan tips bagaimana cara mengubah kelas yang terkenal nakal menjadi kelas yang baik. Kita tahu sendiri cara mengatasi anak nakal dengan anak yang baik tentu berbeda, bagi seorang guru pada saat dirinya dituntut untuk mengajar di kelas nakal akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Dibutuhkan pemikiran luas, positif dan kreatif dalam mengatasi permasalahan ini.


    Langkan Sederhana untuk Merubah Kelas Nakal Menjadi Lebih Baik

    Struktur Mengajar di Kelas

    Ketika anda dihadapkan mengajar di kelas yang di huni oleh kebanyakan anak - anak nakal, yang perlu disiapkan adalah struktur serta sistem yang akan anda terapkan kedalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya struktur ini maka anda bisa mengatur mau di bawa kemana kelas dan mau seperti apa jenis pembelajarannya. Apabila terdapat siswa yang nampak keluar dari jalur sistem pembelajaran yang sudah direncanakan maka guru bisa langsung mengarahkannya dan meluruskan kembali.

    Agar struktur serta sistem yang hendak diterapkan di kelas berjalan sesuai rencana, hendaknya guru memberikan panduan terlebih dahulu di awal pembelajaran. Hal tersebut dilakukan agar siswa tahu apa yang akan mereka lakukan pada saat pembelajaran. Namun perlu diingat, dalam menerapkan sistem pembelajaran di dalam kelas guru harus konsisten. Jangan sampai pada saat memberikan panduan mengatakan A tapi pada saat praktek menjadi B.

    Ketidakkonsitenan dalam menerapkan apa yang hendak di terapkan akan menyebabkan siswa kehilangan motivasi dalam belajarnya. Contoh paling gampang adalah apabila ketika guru menetapkan akan memberikan rewards kepada siswa jika berhasil melakukan sesuatu, namun pada kenyataannya tidak maka motivasi dari sang siswa menjadi hilang. Katakan "tidak" jika memang tidak ada, katakan "ya" jika memang ada.

    Menejemen Waktu

    Ketika anda menghadapi kelas nakal, sangat penting bagi anda untuk mengatur jadwal serta jenis kegiatan apa yang akan dilakukan untuk setiap pertemuannya. Dengan pengelolaan waktu serta memanfaatkan waktu yang sudah ditetapkan ketika mengajar di kelas, maka kegiatan siswa akan terorganisir. Misalkan materi yang akan diajarkan adalah tentang gelombang, listrik statis dan listrik dinamis. Maka sudah seharusnya guru untuk membagi waktu untuk setiap jenis materi. Dan jangan sampai guru tidak membuat agenda untuk setiap materi yang akan diajarkannya.

    Educational Play

    Tidak bisa dipungkiri lagi semua anak sangat suka bermain dan mengeksplor sendiri apa - apa yang terdapat di sekitarnya. Para siswa akan dengan senang hati jika sistem pembelajaran yang diterapkan oleh gurunya memberikan kesempatan kepada mereka untuk bergerak bebas. Bahkan itu bisa menjadi favorite buat siswa jika dibandingkan harus duduk saja dan menulis materi dalam waktu yang tidak sebentar. Ingatlah siswa tidak butuh yang namanya jumlah menulis, tetapi yang mereka butuhkan adalah jumlah konsep serta ilmu yang diperolehnya dari pembelajaran.

    Nah bagi anda yang ingin menjadikan kelas nakal menjadi kelas yang baik dan berkualitas, cobalah terapkan sistem pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengeksplor sendiri dan bermain. Misalkan siswa akan diajarkan tentang suhu, berikanlah kesempatan kepada mereka untuk memegang serta mencoba sendiri penggunaan termometer. Jika anda sedang mengajarkan penjumlahan, berikanlah mainan yang menarik dan suruh siswa untuk menghitungnya. Setidaknya teknik pembelajaran seperti ini akan memnjadikan kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan terlebih bagi siswa nakan yang sangat senang sekali dengan bermain.



    Ide Kreatif Guru Says:
    "Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan baru kepada anda kehususnya berkenaan dengan pembelajaran "

    0 comments:

    Post a Comment

    Portal Belajar Fisika